Marwahkepri.com dan Panji Kepri saat menerima sertifikat Dewan Pers di Padang, beberapa waktu lalu. (F: Saiban)

Wakil PU Panji Kepri saat menerima Sertifikat Dewan Pers dari Ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo. (F: Saibansyah Dardani)

 

PADANG (Marwahkepri.com) – Dua media di bawah manajemen Trinanda Media Group yakni SKM Panji Kepri dan media online Marwahkepri.com menerima sertifikat lulus verifikasi dari Dewan Pers sempena Hari Pers Nasional (HPN) yang dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat.

Sertifikat diserahkan Ketua Dewan Pers, Yosep Stanley Adi Prasetyo kepada Wakil Pemimpin Umum SKM Panji Kepri Irfan Husein Lubis dan Pemred Marwah Kepri Muhammad Natsir Tahar di Hotel Marcure Padang, Rabu (7/2) malam.

Panji Kepri dan Marwah Kepri tercatat sebagai bagian dari 46 media massa se-Indonesia yang dinyatakan lulus verifikasi administrasi dan faktual pada periode ini. Yang terdiri dari tiga kategori yakni media cetak, online dan elektronik. Adapun media penerima sertifikat lainnya dari Provinsi Kepri yakni Posmetro Batam, Tanjungpinang Pos dan Koran Sindo Batam.

Acara yang digelar di hall hotel berlokasi di Jalan Purus IV Kota Padang ini diikuti oleh para pimpinan redaksi dan pimpinan umum media se-Indonesia serta disaksikan Ketua Serikat Penerbitan Pers (SPS), Dahlan Iskan dan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah. Penyerahan sertifikasi ini merupakan gelombang kedua yang dilakukan oleh SPS, setelah yang sebelumnya digelar di Surabaya.

Sertifikat Dewan Pers merupakan anugerah paling bergengsi bagi media di tanah air mengingat pentingnya standarisasi media yang terkategori layak dan eksistensinya diakui secara resmi. Ketua Dewan Pers, Yosep Stanley Adi Prasetyo dalam keterangannya menyebut, saat ini Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki media terbanyak di dunia.

Ada sekitar 470.000 media massa yang kini beroperasi di Indonesia, terutama karena didongkrak oleh menjamurnya media online. Dari sekian banyak media tersebut, kata Stanley hanya sekitar 500-an media yang terdaftar di Dewan Pers.

Di malam anugerah media yang bertema ‘Kreativitas Tanpa Batas di Era yang Terus Berubah’ ini, Dahlan Iskan menyebutkan kepercayaan pembaca kepada media cetak semakin menguat. Menurutnya, tren media saat ini mulai bergeser ke online mengikuti perkembangan teknologi, namun tingkat kepercayaan kepada media cetak semakin menguat.

Pemimpin Umum Trinanda Group Bakti Lubis menyatakan terimakasih kepada pihak-pihak yang terlibat di dalam proses verifikasi ini karena telah memberikan kepercayaan kepada Panji Kepri dan Marwah Kepri yang terbilang paling muda di antara media penerima sertifikat verifikasi lainnya di Provinsi Kepulauan Riau.

“Ini akan menjadi tantangan bagi kami untuk mempertahankan standar dan kualitas kedua media ini, meningkatkan kepercayaan publik dan menjaga nama baik untuk sebuah penerbitan pers bersertifikat tentunya,” ujar Bakti yang dihubungi terpisah. (mk/mnt/tp)