Bangun Ulang Pasar Induk, Pemko Mulai Data Para Pedagang

Suasana Pasar Induk Jodoh
Suasana Pasar Induk Jodoh

BATAM (marwahkepri.com) – Pemerintah Kota (Pemko) Batam berencana membangun ulang Pasar Induk yang terletak di Jodoh. Beberapa persiapan awal pun sudah dilakukan seperti pendataan pedagang.

“Pedagang di dalam sudah kami data. Ada 85 pedagang. Sementara dipindahkan ke luar dulu, sebelum dibongkar untuk bangun baru,” jelas Walikota Batam, Muhammad Rudi di Batam Centre, Kamis (4/1).

Rudi pun mengatakan bahwa Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam sudah membuat surat penyerahan aset Pasar Induk dari BP ke Pemko Batam.

Namun masih ada tahapan selanjutnya yaitu proses di Kementerian Keuangan. Oleh karena itu, seraya menunggu proses yang cukup lama selesai, Pemko pun mulai persiapkan desain serta pembongkaran.

“Kita bongkar dulu. Setelah surat dari Menteri Keuangan keluar, baru boleh dibangun,” ujarnya.

Rudi menambahkan bahwa desain pasar induk nantinya akan mengadopsi Pasar Klewer di Solo. Bangunannya bisa berdiri hingga 4-5 lantai, tergantung jumlah pedagang.

“Bisa menampung sampai ribuan pedagang. Kalau satu baris saja lima puluh kios, satu lantai bisa ratusan. Yang pasti pasar basah di bawah,” jelasnya lagi.

Rudi pun mengaku sudah meminta bantuan  Kementerian Perdagangan untuk pembangunan fisiknya nanti, dan Menteri Perdagangan pun menyatakan siap untuk membantu pembangunan pasar induk Batam.

“Mendag sudah siap bantu. Bertahap. Tapi syaratnya kemarin, harus punya legalitas lahan. Itu yang sedang diurus,” tuturnya.  (mk/mc)