Artis Kelahiran Amerika Keturunan Kyai

Duta (Akhdiyat Duta Modjo) Vokalis Sheila on 7 (Istimewa)
Duta (Akhdiyat Duta Modjo) Vokalis Sheila on 7 (Istimewa)

Marwahkepri.com – Band Legendaris, mungkin itulah sebutan yang paling tepat untuk mengungkapkan nama band Sheila on 7, grup band terbaik dalam sejarah musik Indonesia yang punya segudang penggemar di Indonesia ini.

Ciri khas unik band ini membuatnya semakin melejit diranah permusikan Indonesia. Seakan abadi dan tak pernah luntur dimakan waktu, keeksisan Sheila on 7 tak pernah pudar.

Keeksisan Sheila on 7 tidak terlepas dari seseorang yang menjadi ikon grup ini, yaitu Duta sang vokalis yang bernama lengkap Akhdiyat Duta Modjo alias Duta SO7.

Pria yang lahir di Kentucky, Amerika Serikat, 30 April 1980 tersebut merupakan sulung dari dua bersaudara anak dari Dr. Ir. Hakam S. Modjo Msc.(alm).

Suaranya yang sangat khas dan penggemarnya yang tak pernah berkurang ternyata tak membuat Duta jadi sosok yang lupa diri. Justru karena kesederhanaannya dan tak neko-neko ia terus saja digilai banyak orang.

Kalau bicara popularitas Sheila on 7 di dunia musik Indonesia tak usah diragukan lagi. Ternyata, hingga kini Duta masih menjadi sosok yang rendah hati dan tak pernah memamerkan kesuksesannya.

Marga Modjo yang tersemat di nama lengkapnya, bukti adalah ia keturunan priyayi, yakni Kyai Mojo. Meski berkecimpung di dunia musik, ternyata Ayahanda dari Duta memiliki profesi yang jauh berbeda.

Ayah Duta merupakan seorang dosen bidang penyakit tanaman di UGM yang berasal dari Sulawesi Tengah.

Duta sendiri pernah kuliah di Fakultas Teknologi Pertanian, Jurusan Mekanisasi Pertanian, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta namun tidak menyelesaikannya karena kemudian sibuk bermain musik.

Meski berasal dari keluarga yang berada, hal itu tak serta merta membuat ia tumbuh dalam kemewahan. Duta juga justru tumbuh menjadi sosok yang amat sederhana. Kesederhanaan tersebut juga bisa terlihat dari cara Duta membahagiakan istrinya dan kedua anaknya.

Duta menikah dengan model Adelia Lontoh pada 23 Juni 2003 silam. Ia telah memiliki 2 anak, Aishameglio Duta Chiara (Aisha) yang lahir 30 Agustus 2004 dan Bima Al Ayman Modjo yang lahir 9 Oktober 2005.

Kini 14 tahun sudah keduanya membina biduk rumah tangga. Selepas menikah, pasangan ini lebih memilih hidup bersahaja di Yogyakarta. Tak seperti keluarga artis lainnya, Duta dan Adelia justru berbahagia dengan kederhanaan yang mereka miliki.

Sukses membangun rumah tangga yang langgeng dan jarang diterpa gosip miring, karir Duta juga masih cemerlang hingga kini. Meskipun tak lagi muda, namun penampilannya hingga kini masih bisa dibilang awet muda.(cbn/w)