Pergantian Tahun,Peminat Jagung Di Pangkalpinang Meningkat Tajam

Marwahkepri.com –  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,Pangkal pinang menjelang  Tahun Baru 2018 mengalami kenaikan harga jagung karena banyaknya  permintaan Peminat Yang datang dari berbagai daerah.

“Peminat jagung saat pergantian tahun meningkat tajam karena banyak masyarakat yang membutuhkan jagung untuk dibakar sambil menunggu pergantian tahun,” ujar salah seorang pedagang jagung, Arman, di Pangkalpinang, mengutip dari Antara, Minggu (31/12).

Ia menyatakan, harga jagung tergantung dengan besar kecilnya ukuran jangung.
Harga jagung ukuran besar Rp8 ribu dari harga sebelumnya Rp5 ribu per kilogram, sedangkan jagung ukuran kecil Rp7 ribu dari harga sebelumnya Rp4 ribu per kilogram,” katanya pula.

Dalam satu hari Arman bisa menjual sekitar 100 hingga 150 kilogram jagung dan pembeli yang datang dari berbagai daerah.

“Penjualan meningkat sudah sejak tiga hari. Selain beli langsung ke lapak, banyak juga yang memesan terlebih dahulu dan diambil saat perayaan tahun baru,” kata arman.

Pedagang lainnya Arul, juga mengatakan permintaan jagung menjelang malam tahun baru mengalami peningkatan.,Pasokan jagung tidak hanya dari petani lokal, tapi juga dari luar daerah yaitu Palembang, Sumatera Selatan.

“Stok jagung dari pedagang lokal belum bisa mencukupi kebutuhan masyarakat menjelang tahun baru seperti ini, sehingga harus didatangkan dari luar daerah,” katanya pula.

Menurutnya, dengan perubahan cuaca yang terjadi di Kota Pangkalpinang beberapa waktu terakhir ini, tidak Berpengaruh pada hasil panen jagung dari segi kualitas maupun kuantitas.

“Cuaca yang kadang panas, kadang hujan, tidak mempengaruhi hasil panen. Kondisi jagung tetap baik, hasil panen lumayan jika dibandingkan tahun kemarin, hanya saja petani yang menanam jagung tidak banyak seperti daerah lain,”.(mk/rh/akurat)