Grup Kompang Karimun Juara I Festival Kompang Di Batam

Peserta Grup Kompang Karimun Melakukan Sesi Foto bersama Bupati Karimun
Peserta Grup Kompang Karimun Melakukan Sesi Foto bersama Bupati Karimun

KARIMUN (Marwahkepri.com) – Grup Kompang Kabupaten Karimun meraih juara umum pada acara Festival Kepri Berkompang 2017, yang digelar di Mega Mall Kota Batam pada Selasa (26/12) lalu.

Dalam Festival Kepri Berkompang 2017 tersebut, Kabupaten Karimun menurunkan enam grup kompang terbaiknya yakni, Pusaka Melayu, Tabuh Kencana, Al Furqon Tebing, Gema Budaya, Fastabiqul Kahirat dan Attaqwa.

Dari enam grup yang diutus untuk mengikuti Festival tersebut, empat grup diantaranya berhasil meraih juara yakni, Pusaka Melayu Raih Juara I, Gema Budaya Raih Juara II, Tabuh Kencana Raih Harapan I dan Al Furqon Tebing Raih Harapan III.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq sangat mengapresiasi dengan apa yang sudah diraih olah grup kompang Karimun yang mampu meraih juara umum di tingkat Provinsi.

“Inshaa Allah tahun depan kalau ada perlombaan kompang, kita akan jadi kalender tahunan kegiatan pemerintah, agar persiapan mereka lebih matang lagi,” kata Rafiq, saat diwawancarai di Rumah Dinas Bupati Karimun, Kamis (28/12/2017).

Dikesempatan ini, Rafiq berharap, untuk pembinaan agar Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun dapat memantau sanggar-sanggar yang ada di Karimun termasuk Sanggar Kompang ini.

“Dengan keberhasilan ini, Dinas Pariwisata dapat memantau sanggar-sanggar kita yang ada di Kabupaten Karimun. Selama ini sanggar-sanggar di Kabupaten Karimun memang berkembang sendirinya dengan kemampuan secara mandiri.

Menurut Rafiq, untuk event-event tertentu harus tetap dilaksanakan untuk tingkat Kabupaten di Karimun. Lanjutnya, jika diundang kembali, tentu ini akan menjadi tanggungjawab penuh Pemerintah Daerah dalam transportasi keberangkatannya,” tutupnya.(MK/Riandi)