Nyanyang: Pembangunan Infrastruktur Tahun 2018 Sebesar Rp 290 Miliar

 

Nyanyang Haris Pratamura, Ketua Komisi III DPRD Kota Batam.
Nyanyang Haris Pratamura, Ketua Komisi III DPRD Kota Batam.

BATAM (Marwahkepri.com) – Rencana pembangunan infrastruktur masih menjadi perhatian utama Pemerintah Kota Batam untuk tahun 2018. Anggaran sebesar Rp 290 miliar sudah disetujui dalam pembahasan di dewan dan akan dikuncurkan pembiayaannya, seperti ditegaskan Nyanyang Haris Pratamura, Ketua Komisi III DPRD Kota Batam, Jumat (15/12/2017).

Menurutnya, dalam nota keuangan APBD 2018, besaran anggaran infrastruktur mencapai Rp 290 miliar. Anggaran itu terdiri dari pembangunan dan peningkatan jalan jembatan sebesar Rp 207,4 miliar, peningkaan kebinamargaan Rp 39,1 miliar dan pengendalian banjir Rp 32,6 miliar serta infrastruktur hinterland Rp 10,5 miliar.

“Anggaran pembangunan infrastruktur ini menjadi kegiatan Dinas Bina Marga Sumber Daya Air Batam,” ucapnya.

Pembangunan dan peningkatan jalan tersebut dibagi menjadi tiga wilayah. Pertama Bengkong dan Batuampar dialokasikan Rp 8,9 miliar, untuk peningkatan jalan simpang Kuda ke simpang Bengkong Seken sebesar Rp 7,2 miliar. Kedua wilayah Batam Kota sebesar Rp 15,3 miliar, dan wilayah Tiga yakni Lubukbaja sebesar Rp 108 miliar.

“Sementara itu untuk program peningatan kebinamargaan terdiri dari pembangunan lampu penerangan jalan umum sebesar Rp 4,8 miliar, lampu highmast Rp 1,2 miliar dan lampu hias sebesar Rp 1,9 miliar. Ada lagi biaya operasional alat berat Dinas Bina Marga Sumber Daya Air Rp 8,8 miliar dan pemeliharaan rutin alat berat Rp 1 miliar,” tutur Nyanyang.

Kemudian, program pembangunan infrasturktur dan sarana prasarana hinterland sendiri terdiri dari, peningkatan jalan sebesar Rp 3,5 miliar, pembangunan jembatan beton wilayah hinterland Rp 5,1 miliar, pembangunan lampu penerangan jalan umum Rp 1,12 miliar serta pemeliharaan lampu penerangan jalan umum di hinterland sebesar Rp 766 juta.

“Pembangunan infrastruktur ini anggarannya bersumber dari APBD 2018, dana alokasi khusus dan dana luncuran 2018,” ungkap Nyanyang.

 

Nikson Juntak