Waw !!! Senayang Raih Juara Pertama Pawai Budaya PMTMA

Penampilan Kecamatan Senayang pada Pawai Budaya Perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu Antarbangsa di Daik (arp)
Penampilan Kecamatan Senayang pada Pawai Budaya Perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu Antarbangsa di Daik (arp)

Lingga (marwahkepri.com) – Kecamatan Senayang, berhasil mengukir sejarah pada pelaksanaan pawai budaya tingkat umum dalam rangka Perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu Antarbangsa dab HUT Kabupaten Lingga. Kecamatan kepulauan ini, meraih juara 1 setelah mengikuti pawai budaya pada Jum’at (24/11) lalu mengalahkan 22 kontingen lainnya.

Dengan gaya unik berciri khas kekayaan laut, Kecamatan Senayang menampilkan beragam kreatifitas sederhana berupa alat peraga perlengkapan pawai. Bentuk yang unik berbeda dengan yang lain membuat kecamatan Senayang tampil gemilang.

Disusun dari barisan camat, desa-desa dan kelompok seni Kecamatan Senayang yang merupakan gabungan sanggar dan pramuka menampilkan peragaan seperti karnaval serta diriingi musik dengan tarian merawai.

Febriansyah, koordinator Kelompok Seni Senayang mengaku bangga atas keberhasilan ini. Sebelumnya dia akui Senayang tidak pernah menjuarai dalam ajang pawai apapun baik STQ, MTQ maupun lainnya.

“Dapat informasi ini saya merasa terharu sekali. Dengan kerja keras kami selama 10 hari. Selama ini Senayang kalau ada acara pawai jarang dapat juara. Kali ini yang pertama sekali Senayang juara 1, alhamdulilah,” papar dia saat dikonfirmasi, Senin (27/11).

Dia yang merupakan pemikir kreatifitas tersebut mangatakan inisiatif unik itu diambilnya kerena tahu kesannya bisa berbeda dengan yang lain yang secara tidak langsung mengangkat potensi dan kekayaan daerah Senayang. Ditambah alunan musik dan rentak tarian merawai yang merupakan tarian asli dari Senayang.

“Jumlah kami 42 ikut personil dari kelompok seni. Ade kami bawak Kelong, sampan kajang, kintau, dan hasil laut yang kami buat seperti pakaian carnaval,” ucap dia.

Febry berharap, prestasi yang diraih Kecamatan Senayang ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh warga terutama pemuda Senayang untuk senantiasa berkreasi dari alam. Sebab hubungan alam dengan manusia tidak bisa dipisahkan. Tinggal, bagaimana manusia memanfaatkan alam dengan baik.

“Mudah-mudahan dengan prestasi ini, dapat kami mempertahankan karena mempertahankan prestasi itu lebih sulit daripada merebutnya,” ujar dia.

Sebelum setelah pelaksaanaan pawai usai, Wakil Bupati Lingga M Nizar mengapresiasi apa yang dilakukan oleh kalangan penggiat seni di Kecamatan Senayang. Pawai yang ditampilkan Kecamatan Senayang menggambarkan Sumber Daya Alam di Kabupaten Lingga khususnya di Kecamatan Senayang.

Menurutnya ini langkah yang harus diambil Pemkab Lingga untuk serius mengolah perikanan di wilayah itu.

“Kita sudah hadirkan disana OPD teknisnya, Dinas Perikanan dan Kelautan. Jadi memang potensi lainnya yang ditunjuk itu dengan berbagai jenis tangkapan dan lainnya yang berada di Kecamatan Senayang harus terjawab di Mou antara Jabung Timur Jambi dengan kita. Apakah itu pengalengan ikan nantinya atau tepung ikan,” ucap Nizar.

Adapun yang meraih juara pada pawai budaya ini yakni Kecamatan Sebaynag, disusul posisi kedua Kecamatan Singkep. Kemudian diurutan ketiga ada Kecamatan Lingga dan urutan keempat diraih SMAN 1 Lingga. (MK/arp)