Investor Jepang Tergiur Investasi Di Negeri Perbatasan

FB_IMG_1511431638361Natuna (Marwahkepri.com) – Pemerintah kabupaten Natuna menerima kunjungan para Investor Negeri Sakura Jepang, Kamis (23/11/2017) di aula rapat kantor Bupati Natuna Bukit Arai.

Kehadiran investor diterima oleh Sekda Natuna, Wan Siswandi mewakuli Bupati Natuna yang sedang berdinas diluar daerah.

Dalam kesempatan istimewa itu, Sekda Natuna, Wan Siswandi memberikan apresiasi terhadap rencana investasi yang akan dilakukan oleh investor Jepang dengan melibatkan para nelayan tradisional sebagai sumber bahan baku untuk usaha.

Namun disisi lain, Sekda berharap agar pihak investor dapat membangun koordinasi baik dengan pihak kecamatan dan desa dimana lokasi usahar dan kegiatan akan dilakukan.

Hal tersebut, bertujuan agar dalam pelaksanaan nanti mendapatkan dukungan dari pejabat setempat maupun dari masyarakat, baik terkait perizinan maupun dalam proses pengelolaan usaha.

Sekda berharap melalui rencana investasi ini, dapat memberikan nilai positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat terutama para nelayan tradisional tempatan.

Adapaun rencana awal yang akan direalisasikan oleh pihak investor Jepang adalah dengan memasang perangkat radar pantai yang bertujuan untuk memantau aktifitas nelayan sejauh kurang lebih 180 mil, sehingga unsur keselamatan dapat terjamin dan keberadaan ikan dapat dipetakan.

Adapun alat pemancar yang rencananya akan dipasang pada kapal para nelayan tersebut adalah berupa Transponder Portable yang memiliki sistem AIS (Automatic Identification System) yaitu sebuah sistem yang dipergunakan untuk memberikan informasi elektronik berupa identifikasi posisi, kegiatan atau keadaan kapal terdekat lainnya, sehingga setiap kapal dapat terpantau keberadaanya dan memudahkan aktivitas nelayan.(mk)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.