LAM Lingga Sayangkan Penampilan Artis Tadi Malam

Ketua LAM Kabupaten Lingga, Datok Muhammad Ishak (doc)
Ketua LAM Kabupaten Lingga, Datok Muhammad Ishak (doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Lingga, Dato’ Muhammad Ishak menyayangkan tampilnya artis dangdut dipanggung utama Perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu Antarbangsa yang memakai busana diluar dari norma dan adat kemelayuan.

“Kita menyayangkan betul lah, kita tidak menyalahkan artis, tapi yang sedikit kita tekankan, busana. Karena itu bertentang lah dari judul Tamadun itu sendiiri,” ungkap dia, Kamis (23/11).

Bukan soal lagu, tetapi dia lebih menekankan dari pakaian yang digunakan artis tersebut kurang pantas dipandang di kalangan masyarakat Melayu Lingga. Apalagi tajuk yang diangkat terkait peradaban dan kebudayaan Melayu.

Seharusnya busana yang pantas digunakan adalah busana melayu ataupun busana muslim yang telah ditunjukkan oleh artis-artis lokal.

“Kalau lagu dangdut memang juga bagian Melayu misal Melayu dangdut,” papar dia.

Sebelumnya memang diakuinya dari pihak panitia telah menjadi perbincangan untuk mendatangkan artis-artis Melayu dari Malaysia, sepertu Siti Nurhaliza.

“Tapi tau-taunya yang datang bukan artis melayu,” kata dia.

Berdasarkan rundown acara penampilan artis-artis Melayu tadi malam yang menjadi penanggung jawab yakni Dinas Kebudayaan. Dia yang juga kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga menegaskan tidak mengetahui persoalan dan undangan terlebih pihak mana yang mengurus arti ini.

“Saya tidak tau sebenarnya siapa yang mengurus artis, karena bukan konteks kami, dan dana tidak dari Dinas Kebudayaan. Tidak ada anggaran khusus untuk mendatangkan artis ini,” ujar dia

Terkait hal ini pula diakuinya, telah menyampaikan kepada Kabag Umum dan menegaskan jangan sampai mrmmakinpakai terbuka.

“Kita dah wanti-wanti. Tapi terlepas direspon atau tidak, saya tidak tau,” ujar dia lagi.

Sebagaimana diketahui, usai penampilan artis ibukota tersebut banyak masyarakat mengkritik pergeralan Tamadun Melayu yang seharusnya bernuansa Melayu tapi malah dihebohkan penampilan artis.

(MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.