Wapres Akan Terima Gelar Sri Perdana Mahkota Negara

Bupati Lingga, Alias Wello bersama Wapres RI M Jusuf Kalla (doc)
Bupati Lingga, Alias Wello bersama Wapres RI M Jusuf Kalla (doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Wakil Presiden Republik Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla diperkirakan akan sampai di Kabupaten Lingga pada Minggu (19/11) besok. Selain akan diberikan gelar kunjungan ini sekaligus menandatangi prasasti batu tertulis Sumpah Setia Melayu-Bugis.

Ketua Lembaga Adat Melayu Kabupaten Lingga, Dato’ Ishak menyampaikan  kedatangan Wapres ke Kabupaten Lingga itu akan disambut dengan proses berdasarkan SOP yang telah disiapkan serta disejalankan dengan pemberian gelar kebesaran adat Melayu oleh Lembaga Adat Melayu provinsi Kepri.

Adapun gelar kebesaran adat melayu  tersebut yakni Sri Perdana Mahkota Negara. Yang artinya seseorang yang memiliki keagungan. Apalagi Jusuf Kalla, seseorang yang melekat pada jabatannya sebagai Wakil Presiden.

“Kita ketahui sosok beliau sudah mempunyai prestasi yang luar biasa. Jadi LAM provinsi memberi gelar itu. Kita LAM Lingga hanya membantu kelancaran itu,” ujar Ishak, Jumat (17/11) kemarin.

Sementara mengenai sumpah yang berisi kesetiaan Suku Bugis terhadap suku melayu di era Kesultanan Kerajaan Riau -Lingga-Johor -Pahang. Berbunyinya sebagai berikut :

Sumpah Setia Melayu- Bugis

Inilah bunyi Aruk Kelana Jaya Putera setelah diantik oleh Baginda Sultan Sulaiman menjadi Yang Di Pertuan Muda I

“Lihatlah Sultan Sulaiman Badr Al-Alam Syah, Akulah Yang Di Pertuan  Muda Yang Memerintahkan Kerajaan Mu, Barang Yang Aku Tiada Suka Engkau Membujur Di Hadapanmu, Maka Aku Lintangkan , Dan Barang Yang Aku Tiada Suka Melintang Di Hadapanmu Maka Aku Bujurkan Barang Yang Semak Berduri Dihadapanmu, Aku Cucikan.” (Sumber: Tuhfat Al-Nafis Hal.61). (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.