Telah Dibuka, Pameran Bersama Museum Linggam Cahaya

20171117_090001
(doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga membuka pameran pameran bersama Museum Lingga Cahaya di Daik Lingga,  Jum’at (17/11) pagi. Pameran yang dilangsungkan bersempena acara Perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu Antarabangsa turut diikuti Balai Pelestarian Nilai Budaya Kepri, Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri, Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Lingga, M Nizar yang membuka acara ini menyampaikan pemeran yang dilakukan ini merupakan yang pertama dilakukan guna mengenalkan Museum Linggam Cahaya. Kali Pemkab Lingga menjadi tuan rumah dengan mengundang beberapa instansi lainnya untuk turut berpartisipasi mengenal benda cagar budaya, koleksi-koleksi, serta sejarah kebudayaan dan peradaban Melayu.

“Kagiatan ini yqng pertama setelah menjadi Kabupaten usia museum sudah 14 tahun. Kalau dulu kita mengikuti acara ditempat lain. Kali ini kita menjadi tuan rumah,” ujar Wabup, Jum’at (17/11).

Dia menilai walaupun usia Museum yang masih terbilang muda dan proses penyelenggaraannya nantinya masih ada yang kurang, namun pihaknya bersyukur bisa melakukan kegiatan tersebut sebagai terobosan baru ditahun 2017.

“Jadi kita berterimakasih dan beri aplus kepada Datok Ishak dan kawan-kawan dat Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga,” papar dia.

Kemudian lanjut dia, keberadaan museum memang menjadi aktivitas pelayanan publik, sehingga fungsinya harus menjadi satu media penopang pencipta generasi baik.

“Generasi yang cinta tanah air dengan melestarikan nilai-nilai budaya yang ada di Kabupaten Lingga,” lanjut dia.

Dia juga sampai kepada terimakasih kepada pelaksana kegiatan yakni Dinas Kebudayaan dan masyarakat Kabupaten Lingga yang telah berpartisipasi menyumbangkan benda cagar budaya milik mereka untuk dipelihara dan dijaga di Museum Linggam Cahaya.

“Sehingga barang-barang ya g ada di museum ini dapat dijaga, dipelihara, dilihat dan dipelajari,” ucap dia.

Dia berharap digelarnya kegiatan positif ini, Museum Linggam Cahaya dapat dikenal lebih dengan beragam koleksinya. Begitu kepada masyarakat Lingga dapat menjadikan ini momen kunjungan meramaikan musuem.

“Bersempena dengan Perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu Antarabangsa. Kita berharap Musuem Linggam Cahaya dapat lebih dikenal baik dari masyarakat Daik, Kabupaten Lingga Atia masyarakat luar daerah, kota bahkan luar negara nantinya,” harap dia.

Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Kapolres Lingga, AKBP Ucok Lasdin Silalahi serta dilanjutkan dengan pembagian piagam kepada peserta yang telah berpartisipasi dalam giat ini. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.