Mantan Bupati Lingga Disebut-sebut Oleh Zuriat SMRS III

Zuriat Sultan Mahmud Riayat Syah III, Tengku Husien bin Muhammad Saleh Damnah saat menyampaikan sambutan (doc)
Zuriat Sultan Mahmud Riayat Syah III, Tengku Husien bin Muhammad Saleh Damnah saat menyampaikan sambutan (doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Mantan Bupati Lingga, Daria disebut – sebut oleh Zuriat Sultan Mahmud Riayat Syah  III digedung Daerah Kabupaten Lingga. Penyebutan nama pemimpin dua periode Kabupaten Lingga (2005-2010, 2010-2015) ini adalah sebagai ucapan terimakasih karena salah satu yang telah berjasa memperjuangkan Sultan Mahmud Riayat Syah III menjadi Pahlawan Nasional.

“Waktu itu pak Ishak, pak Kamarulzaman, pak Lazuardi ada empat orang saya lupa satu lagi datang kerumah saya,” ujar dia saat mengunjungi Kabupaten Lingga, Kamis (16/11).

Saat itu menurut ceritanya, dia langsung mengkonfirmasi ke Bupati Daria dan meminta kepada ahli waris lainnya menyampaikan permohonan mencalonkan Sultan Mahmud Riayat Syah III menjadi pahlawan Nasional.

“Saya bilang kalau dari masyarakat Lingga menjadikan saya sebagai zuriat saya terima tapi disisir dipelajari dulu dari celah mana,” ucap dia.

Dia mengakui upaya yang dilakukan Pemkab Lingga mengusung Sultan Mahmud Riayat Syah III jadi Pahlawan Nasional itu tidak mudah.

“Mungkin jika dihitung secara materi dari lima tahun belakangan, 6-7 Miliyar itu tidak kurang,” papar dia.

Mendapat kabar bahagia Sultan Mahmud Riayat Syah III menjadi Pahlawan Nasional, dia akui langsung menelpon Maynard Bupati Lingga tersebut. Saat itu Daria sedang berada di tanah suci Mekkah persiapan pulang Umroh.

“Insyaallah beliau segara berada di Tanjungpinang,” lanjutlah dia.

Mengingat jasa Daria tersebut, dia juga berharap panitia pelaksana Perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu Antarabangsa ini dapat mengundangnya.

“Hal ini saya lukan karena saya menyadari pekerjaan ini memang tidak mudah. Apalagi tim yang berjuang bisa menembus waktu. Bahkan hari meneliti kehidupan beberapa abad sebelumnya bahkan harus sampai ke negeri Belanda hanya untuk mencari fakta dan data,” terang dia.

Keberhasilan Sultan Mahmud Riayat Syah III ini. Pihaknya sangat berterimakasih kepada pemerintah Kabupaten Lingga. Dari rezim ke rezim pemerintahan akhir keberkahan melamar di nama Sultan Mahmud Riayat Syah III yang dikenal sebagai pahlawan gerilyawan laut. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.