Mall Pelayanan Publik Batam Siapkan 340 Layanan Perizinan

Ilustrasi Mal Pelayanan Publik. (net)
Ilustrasi Mal Pelayanan Publik. (net)

BATAM (marwahkepri.com) – Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam akan melayani kurang lebih 340 layanan perizinan dan non perizinan dari berbagai instansi baik pemerintahan maupun non pemerintah yang ada di Kota Batam. Bahkan seluruh perizinan yang ada di Pemko Batam akan dipindahkan ke MPP.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Batam, Gustian Riau, Rabu (8/11) di Gedung Sumatera Promotion Centre (SPC).

“Layanan paspor, perpanjangan SIM, STNK, pengurusan SKCK masuk ke sini. BPN 23 perizinan di sini. Insya Allah paling lengkap untuk proses perizinan yang terintegritas dibanding DKI, Banyuwangi, Surabaya,” ucapnya.

Gustian juga menambahkan bahwa nantinya akan diupayakan pelayanan dari non pemerintah. Seperti PLN Batam dan PT Adhya Tirta Batam (ATB). Bahkan MPP akan menyediakan Kantor Urusan Agama (KUA) dimana masyarakat bisa mengurus pernikahan di MPP. Bahkan akan disiapkan ruangan untuk pernikahan di tempat.

“Untuk dukung perizinan juga ada dari Notaris, PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah), REI (Real Estate Indonesia), IAI (Ikatan Arsitek Indonesia), Kadin (Kamar Dagang dan Industri). Sehingga investor yang mau masuk tinggal masuk. Kita siapkan juga ruang VVIP untuk investor,” tambahnya

Terkait jam operasional, menurut Gustian, masih mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yakni pukul 07.30-16.00 WIB. Namun jika ke depannya ada kemungkinan untuk ditambah jam pelayanannya, itu akan menunggu arahan Presiden dan Menpan-RB, karena ini menyangkut personel, biaya, dan lain-lain. (mk/mc)

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.