Asisten Bupati Buka Kegiatan “FASILITASI BIMTEK dan SERTIFIKASI SKKNI”

IMG_20171109_224625Natuna (MK) – Era kemajuan yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, menuntut kita bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam hal penguasaan teknologi, khususnya bagi calon tenaga kerja produktif, cerdas dalam menggunakan teknologi modern yang dipadukan dengan keterampilan, serta kecakapan dalam mengelola informasi, serta bijak dalam penggunaan media sosial akan membawa efek positif kepada setiap individu.

Hal tersebut dikatakan, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Kabupaten Natuna, H. Hardinansyah, S.E, M.Si, dalam kata sambutannya, saat membuka secara resmi Fasilitasi Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sertifikasi SKKNI, Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Bagi Angkatan Kerja Muda Indonesia, di Tren Central Hotel, Jalan Pramuka, Ranai, Rabu, (08/11/2017), sore.

Lebih lanjut, Hardinansyah, mengatakan, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang baik, akan menjadi solusi cerdas warga negara dalam mendukung program pemerintah mewujudkan salah satu tujuan Nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa yang diimplementasi dalam Nawacita Pemerintah RI,melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program “Indonesia Pintar”.

Selanjutnya, beliau berharap, dengan kegiatan yang diselenggarakan ini dapat memberikan kontribusi pemikiran dan pemahaman penggunaan perangkat teknologi dan informasi secara sehat, bijak, cerdas, kreatif dan produktif kepada seluruh peserta.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Balai Besar Pengembangan SDM Penelitian Komunikasi dan Informatika Medan, Drs Ikbar Samekto M.Si, menyebutkan, saat ini Teknogi Informasi dan Komunikasi (TIK), terus berevolusi menuntut perubahan peradaban dunia menuju awal revolusi industri keempat (globalisasi digital).

Seiring dengan perubahan tersebut, sambungnya, era perdagangan bebas regional dan global telah melahirkan kerja sama antar negara pada bidang ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga terjadi peningkatan mobilitas manusia, barang dan jasa.

“Dalam menghadapi kondisi perubahan demikian, pemerintah berkewajiban memberikan informasi pelaksanaan sertifikasi kompetensi bagi tenaga kerja, terkait dengan pemberlakuan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang kominfo yang kompeten dan profesional dalam meningkatkan daya saing nasional,” tambahnya.

Kepala Bidang Program dan Evaluasi Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika, Rahman Harahap, S.Sos, M.Si, dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informasi (BBPPKI) Medan, Badan Litbang SDM, Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatima Kabupaten Natuna serta LSP Komputer, dengan biaya dari BBPPKI Medan Tahun 2017.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, yaitu dari tanggal 08 hingga 10 Nopember 2017, dengan peserta sebanyak 22 orang.

Adapun skema yang diujikan adalah, Operator Komputer Junior, Net Work Administrator Junior, Programming dan Design Grafis Junior.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Pemerintahan, Drs H Abdullah M.Si, Kepala Dinas Kominfo, Raja Darmika, sejumlah Pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Natuna, Sekretaris Disdikpora, Tabranizal, Kepala Sekolah SMA/SMK Natuna dan para peserta Bimtek.(mk/rilis)