Buka Kegiatan DPMDes, Wabup Harap Perangkat Desa Dapat Pelajaran Baru

(doc)
(doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar membuka rapat koordinasi Monitoring dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa yang di taja DPMDes. Acara yang dilaksanakan di aula gedung SMAN 1 Lingga, Selasa (7/11) pagi, tujuannya yakni mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa oleh kades dan BPD dalam bidang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan bidang kemasyarakatan.

“Jadi dalam forum ini kita jadikan sebagai wadah berdiskusi untuk saling memahami dan memperoleh rumusan dan formulasi yang tepat dan efektif dalam menentukan rangkaian arahan kebijakan pembinaan dan pengawasan terhadap tata kelola pemerintahan desa yang transparan,” kata Nizar saat itu.

Menurutnya, selama ini dalam penyelenggaraan pemerintahan masih banyak kendala dan permasalahan yang dialami oleh perangkat desa baik untuk administrasi dan masalah lainnya. Namun hal tersebut harus menjadi pelecut semangat untuk membangun desa agar lebih maju, mandiri, dan sejahtera, bukan malah sebaliknya.

”Jika menemukan kendala dan permasalahan di lapangan, kades, perangkat desa, dan BPD bisa berkonsultasi, berkoordinasi, dan berdiskusi dengan camat beserta jajarannya di kecamatan, DPMPD, dan SKPD teknis,” ujarnya.

Dia katakan, pemkab Lingga akan selalu berupaya meningkatkan pelaksanaan pembinaan, fasilitasi dan pendampingan bagi pemerintah desa, BPD, lembaga kemasyarakatan dan lembaga adat, baik melalui monitoring dan evaluasi program kegiatan maupun peraturan perundang-undangan.

Harapnnya kepada perangkat desa pada forum ini agar mengikuti dengan serius. Sebab DMPDes Lingga pada kegiatan ini menghadirkan ahli atau narasumber yang membidangi penyelenggara pemerintah Desa.

”Ini akan kita lakukan agar apabila ada permasalahan, bisa diselesaikan dengan baik dan secara berjenjang tanpa menimbulkan gejolak dan pengaduan sampai ke ranah aparat penegak hukum. Jadi saya harapkan apa yang menjadi kendala selama ini, tolong ditanya. Karena sudah ada ahlinya disini,” harap dia.

Adapun kegiatan tersebut dihadiri oleh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, lurah,  dan Kepala Desa se-Kabupaten Lingga. (MK/arp)