Wako: Masyarakat Setempat Jangan Mau Jadi Penonton Saja

Papan sederhana di Camp Vietnam Pulau Galang. (net)
Papan sederhana di Camp Vietnam Pulau Galang. (net)

BATAM (marwahkepri.com) – Pembangunan suatu daerah tidak lepas dari peran pemerintah daerah saja, namun juga harus didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) setempat juga, masyarakat setempat jangan mau hanya menjadi penonton saja.

Hal itu diungkapkan Walikota Batam, M. Rudi dalam acara bazar sembako murah di kecamatan Galang, Kamis (2/11).

“Uang Pemko itu terbatas Bapak/Ibu. Untuk itu ayo Bapak/Ibu yang memiliki anak beprestasi dan mau sekolah agar melanjutkan pendidikan anaknya. Jika tidak maka kita akan dapat sisik saja, dagingnya dibawa orang,” ucapnya saat menjelaskan bahwa Pemko Batam memang memiliki anggaran untuk beasiswa berprestasi. Namun dengan terbatasnya anggaran maka tidak seluruh siswa berprestasi bisa dibiayai oleh Pemko.

Walikota juga berpesan agar anak-anak yang telah bersekolah tinggi agar dapat memanfaatkan ilmunya. Gunakan ilmu yang didapat untuk mengembangkan daerah dan tanah kelahiran karena menurutnya tidak sedikit orang-orang hebat dan berhasil berasal dari daerah hinterland.

Peralihan Kota Batam dari kawasan Free Trade Zone (FTZ) menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dalam dua tahun kedepan juga akan berpengaruh terhadap daerah Rempang dan Galang. Hal-hal seperti ketersediaan listrik sudah dibicarakan dengan PLN Batam, sementara berkaitan dengan transportasi siswa dari tempat tinggal (Tanjung Banon) ke sekolah yang cukup jauh Walikota berjanji akan membicarakannya dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Perhubungan.

“Yang sabar ya Bapak/Ibu, karena semua butuh proses,” ucapnya. (mk/hp)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.