Koperasi Sambau Sejahtera Akan Benahi Para Nelayan

index

BATAM (Marwahkepri.com) – Kehidupan nelayan yang semakin sulit membuat salah satu tokoh masyarakat Sambau, Batu Besar Kecamatan Nongsa berinisiatif untuk membentuk sebuah koperasi guna membantu kebutuhan para nelayan.

Dia adalah Alimudin, warga Sambau yang sekaligus Ketua Koperasi Sambau Sejahtera. Dia mengatakan,setelah melihat pangkalan sampan yang biasa digunakan oleh nelayan sekarang ini memiliki beberapa permasalahan yang mengganggu pekerjaan mereka saat melaut, dia mempunyai keinginan untuk sama-sama membantu nelayan didaerahnya.

Pangkalan yang sekarang ini dikatakan Alimudin sering membuat para nelayan kesulitan akibat pasang yang tidak menentu. Karena jika laut sedang surut, mereka akan kesulitan sekali menarik sampan atau kapalnya ke laut.

“Apalagi habis melaut saat mau menyandarkan kapalnya laut surut, nelayan harus berjam-jam menunggu air laut naik pasang, tentu sangat mengganggu aktivitasnya lagi, padahal dia juga masih mau menjual ikan tangkapannya ke pasar,”ujarnya.

Padahal, Alimudin mengatakan kalau untuk melaut, nelayan hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam an lebih, namun karena laut pasang surut membuat mereka lama dilaut untuk menyandarkan sampannya.

Lokasi pembangunan pelantar baru untuk nelayan (mun)
Lokasi pembangunan pelantar baru untuk nelayan (mun)

Untuk itu dia bersama warga Sambau bermusyawarah dan sepakat untuk membuat pelantar baru dan koperasi khusus nelayan. Menurutnya dengan adanya pelantar yang akan segera mereka bangun, nelayan akan sangat terbantu karena tidak perlu berlama-lama lagi berada dilaut karena pasang yang tidak menentu.

“Rencananya kita akan membangun pelantar sejauh 80 meter, sekarang ini kami lagi mengumpulkan kayu dan peralatannya,”ungkapnya.

Selain itu, Koperasi Sambau sejahtera juga akan membangun pasar basah agar para nelayan tidak susah-susah lagi mencari tempat untuk menjual ikannya karena selama ini Alimudin mengatakan para nelayan selalu menjual ikannya ke Botania.

“Dengan dibuatnya pasar basah juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga setempat sehingga bisa mengurangi angka pengangguran dan memperbaik ekonomi warga sekitar,”terangnya.

Andi Jasrudin selaku tokoh masyarakat sekaligus ketua Forum Hinterland sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh Alimudin, bahkan dia juga berinisiatif untuk ikut membantu program Koperasi Sambau Sejahtera seperti membuat wisata mangrove di sekitaran pelantar yang akan dibangun.

“Kita akan selalu mendukung jika itu membantu warga tempatan,”tutup Andi.(mk/mun)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.