Operasi Zebra Seligi 2017, Polres Lingga Libatkan Kerjasama Lintas Sektoral

(doc)
(doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Polres Lingga melaksanakan apel Gelar Pasukan Operasi Zebra yang dipimpin oleh Kabagops Polres Lingga di lapangan apel Mapolres Lingga, Rabu (01/11). Upacara berlangsung khidmat, sebagai intruksi Kepolisian Republik Indonesia secara keseluruhan akan mengelar Operasi Zebra Seligi 2017.

Berdasarkan informasi operasi zebra tahun 2017 ini bukan hanya melibatkan personel lalulintas Polres Lingga saja, namun operasi ini melibatkan keterpaduan fungsi yang ada di Kepolisian seperti Lantas, Sabhara, Provos , Intel dan lain lain. Bahkan operasi zebra ini dilakukan lintas sektoral melibatkan TNI, Dishub, serta Satpol PP Kabupaten Lingga.

Pantauan lapangan proses upacara  d dilanjutkan dengan peemasang pita tanda operasi yang kemudian dilanjutkan dengan penyematan helm kepada perwakilan dinas intansi yang terlibat sebagai awal dimulainya Operasi zebra tahun 2017.

Upacara juga dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan yang akan bertugas guna mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya oleh Kabagops Polres Lingga, KomPol Mukharom bersama Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto, M.Tr. Hanla, Pabung Koramil Dabo Singkep, Ka Imigrasi, Bugie kurniawan, Amd, Im, S.Ip, serta Direktur RSUD Dabo dr. Asri.

Kabagops Polres Lingga pada kesempatan itu membacakan amanat Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Drs. Royke Lumowa, MM yang menyatakan bahwa data jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan operasi zebra tahun 2016 sejumlah 2.623 lakalantas, mengalami penurunan 518.

“Dibandingkan periode yang sebelumnya tahun 2015 sejumlah 3.141 kejadian, Jumlah korban meninggal dunia operasi zebra tahun 2016 sejumlah 649 orang, mengalami penurunan sejumlah 129 orang atau 17% dibandingkan periode yang sebelumnya di tahun 2015 sejumlah 778 orang. Jumlah pelanggaran lalu lintas tahun 2016 sejumlah 356.101 pelanggaran dengan jumlah tilang sebanyak 228.989 lembar dan teguran sejumlah 127.112 lembar,” papar dia.

Dia menyampaikan untuk mengatasi permasalahan bidang lalu lintas ini, kepolisian tidak bisa berdiam diri melainkan wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya. Hal ini guna menciptakan pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara kamseltibcarlantas.

Dengan begitu dilakukan penegakkan hukum terhadap sasaran prioritas tersebut, maka pelaksanaan operasi zebra tahun 2017 ini diharapkan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi yakni meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya.

“Juga sebagai upaya meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri, dan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas, terwujudnya situasi kamseltibcarlantas menjelang perayaan natal tahun 2017 dan tahun baru 1 Januari 2018,” tutur Kabagops Polres Lingga mengakhiri amanat.

Sementara Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lingga AKP Indra Jaya saat ditemui Menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mendukung operasi tersebut dengan cara tertib berlalu lintas dan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.