Kepastian Wapres RI Kunjungi Lingga Masih Tanda Tanya

Kadishub Lingga, M Ishak (doc)
Kadishub Lingga, M Ishak (doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Muhammad Ishak mengatakan, rencana Wakil Presiden RI Jusuf Kalla buka perhelatan Tamadun Melayu Antarabangsa di Kabupaten Lingga, November 2017 mendatang masih menunggu koordinasi dari Gubernur Kepri. Pihaknya sejauh ini belum dapat memastikan kehadiran Wapres.

Sebelumnya Bupati Lingga Alias Wello secara individu Bupati Lingga telah menemui Wapres RI. Namun, untuk kehadiran itu, pihak provinsi dan kabupaten harus memaparkan tentang rencana kegiatan.

“Bapak Bupati sangat berharap kalau  Wapres dapat membuka Tamadun Melayu di Bunda Tanah Melayu Daik Lingga. Tampai sejauh ini kita belum tau pasti tanggal berapa kepastian Wapres itu akan membuka. Kalau itu jadi, tentu yang mengundang itu Gubernur, itu kita harus koordonasi lagi,” kata dia ketika ditemui di sekretariat  Perhelatan Tamadun Melayu Antarabangsa gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Lingga, Rabu (01/11/).

Tentang persiapan Tamadun Melayu Antarabangsa ini, lanjut Ishak pihaknya masih terus menggelar rapat-rapat kecil guna mengevaluasi masing-masing bidang, dan mematangkan persiapan sampai sejauh mana progres tersebut.

“Karena kita sudah punya target tertentu pada tanggal sekian harus selesai. Kalau ada masalah harus kita diskusikan,” ujar dia.

Sebagai pihak yang ditunjuk menjadi ketua umum pada kegiatan akbar ini, dia menegaskan pihaknya harus bekerja bekerja keras dengan bantuan beberapa bidang yang ditunjuk untuk mengkoordinir seperti bagian akomodasi di Dnas Pariwiwsata Pemuda dan Olahraga, transfortasi oleh Dinas Perhubungan, konsumsi dikoordinir oleh bagian umum, perlangkapan oleh Dinas PUPR-PKP, dan bazar serta LO bagian Perizinan dan Penanaman Modal

“Untuk pameran UKM dan pariwiwsata itu Dinas Industri UKM dan tenaga kerja. Jadi kita sampai sejauh mana kerja yang dilakukan, kalau ada maslaah akan kita rembuk bersama,” ujar dia.

Sedang untk Disbud sendiri akan manggelar pameran museum Linggam Cahaya menyemarakkan Perhelatan Tamadun Melayu Antarbangsa tahun 2017.

“Kita juga sudah sampaikan kebeberapa daerah yang ada museum temasuk museum nasional. Tapi Baru dua itu yang dari luar daerah yang sudah memastikan akan ikut bersama. Mudah-mudahan  dalam rentang minggu ini akan ada yang lain,” harap dia. (MK/arp)