Museum Linggam Cahaya Gelar Pameran Perdana Pada Perhelatan Tamadun Nanti

Museum Linggam Cahaya, Daik Lingga
Museum Linggam Cahaya, Daik Lingga

Lingga (marwahkepri.com) – Salah satu kegiatan yg dihelatkan pada Perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu Antarbangsa yang akan digelar pada 17 – 26 November 2017 mendatang, pemerintah Kabupaten Lingga akan mengadakan pameran museum. Pemeran ini merupakan pameran perdana yg dilaksanakan Museum Linggam Cahaya Damnah, Daik Lingga sekaligus sempena maramaikan HUT Kabupaten Lingga ke-14 tahun.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga M Ishak mengatakan pameran itu merupakan kegiatan pertama yang digelar dari rangkaian Perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu Antarbangsa tahun 2017.

Dia menyampaikan pada pameran nanti, museum Linggam Cahaya tidak sendiri, melainkan bersama dengan yang lain seperti Balai Pelestarian Nilai Budaya Tanjungpinang dan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi kepri.

“Kita juga sudah sampaikan kebeberapa daerah yang ada museum temasuk museum nasional. Tapi Baru dua itu yang dari luar daerah yang sudah memastikan akan ikut bersama. Mudah-mudahan  dalam rentang minggu ini akan ada yang lain,” harap dia.

Ishak berkeyakinan dengan adanya pameran museum Linggam Cahaya pada perhelatan ini merupakan kesempatan yg baik untuk memperkenalkan keberadaan museum, dengan segala koleksi koleksi sejarah yang dimiliki pada kalangan lebih luas, nusantara dan asia tenggara.

Sementara itu, rencananya perhelatan dimulai dari pembukaan tanggal 17 November sampai berakhirnya pameran tanggal 26 November.

(doc)
(doc)

Hal tersebut semakin dipertegas Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Kabupaten Lingga, Paridah di mengatakan selain pameran kegiatan ini juga sekaligus memberikan apresiasi kepada para penghibah koleksi museum. Selain itu kegiatan pemeran juga akan memamerkan materi pokok berupa benda cagar budaya peninggalan Sultan dan materi pendukung lainnya.

“Mudahan-mudahan dengan pameran yang kita gelar sendiri ini dapat menarik minat baik itu penghibah maupun pengunjung dan secara luas akan mengenalkan museum Linggam Cahaya,” harap dia.

Rencananya kegiatan juga akan mengundang anak-anak sekolah dan para pelajar di kabupaten Lingga untuk mengunjungi museum. Nantinya para pengunjung akan diatur supaya teratur dan tertib.

Dia memperkirakan mulai tanggal 19 sampai 22 Nopember akan menjadi hari yang paling banyak pengunjung untuk melihat pameran. Sebab tanggal-tanggal tersebut peserta perhelatan dari luar daerah dan luar negeri sudah berada di Kabupaten Lingga.

Sejumlah persiapan juga telah dilakukan mulai dari pemugaran gedung museum, penempatan lokasi stand-stand museum lain yang ingin berpartisipasi. Pemugaran plan nama museum dan lainnya.

“Saya optimis ini semakin banyak pengunjung,” ucap dia. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.