Zainal Abidin Bawa Sajam, JPU Tuntut 28 Bulan dan Hakim Vonis 36 Bulan

Marwahkepri.com, Batam – Majelis hakim Pengadilan Negeri Batam yang di ketuai oleh Tumpal Sagala SH, menjatuhkan vonis 3 tahun atau 36 bulan penjara terhadap terdakwa Zainal Abidin.

Putusan hakim ini lebih tinggi dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum ( JPU) yang hanya menuntut 1 tahun 6 bulan kurungan. Dalam putusannya hakim mengatakan, terdakwa secara sah dan terbukti memiliki senjata tajam (Sajam) yang ditemukan didalam tasnya berupa pisau ukuran panjang lebih kurang 10cm. Perbuatan terdakwa tersebut sebagaimana diatur dan diancam Pidana dalam Pasal 2 Ayat (1) Undang – undang Darurat Republik Indonesia No.12 Tahun 1951 Tentang Kepemilikan Senjata Tajam.

“Maka terdakwa dinyatakan bersalah dan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dengan hukuman 3 tahun penjara,” kata Tumpal Sagala, Senin (30/10/2017).

Atas putusan hakim tersebut, terdakwa masih berpikir pikir selama 7 hari, apakah terima atau melakukan upaya banding. Sementara, JPU langsung menerima putusan majelis hakim.

Awal kejadian tersebut, menurut terdakwa Jumat tanggal 16 Juni 2017 sekira pukul 15.30 Wib, saat ada razia dari polisi di depan Pangkas Rambut Fanindo Batu Aji Kota Batam. Pisau tersebut dibawanya ke tempat kerjanya sebagai Satpam di PT ASL Tanjung Uncang dan dimasukkan dalam tas.

“Saya tidak bisa menggelak lagi setelah tas diperiksa oleh Polisi dan dibawa ke kantor polsek Batuaji,” ujar terdakwa Zainal Abidin pada media ini usai hukumannya di putus.

Nikson Juntak

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.