Kapolda Kepri : Mari Kita Teladani Ikrar Sumpah Pemuda Tahun 1928

Humas Pemkab Lingga
(Humas Pemkab Lingga)

Lingga (marwahkepri.com) – Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian pimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Lingga. Upacara yang digelar di lapangan Merdeka Dabosingkep, berlangsung khidmat meski cuaca panas menyengat, Sabtu (28/10).

Informasi yang didapatkan setelah melaksanakan kegiatan Lingga Gathering JIP 4×4 part 2 dan kegiatan berburu di Daik Lingga, Kapolda Kepri langsung pimpin upacara sekaligus buka kegiatan Lingga Gathering JIP 4×4 di Dabosingkep.

Berdiri selaku komandan upacara Kasat Pol Air, AKP P.Tarigan. Dan perwira upacara KOMPOL Mukharom.

Upacara yang dilaksanakan di lapangan merdeka Dabosingkep mengangkat tema Pemuda Indonesia Berani Bersatu yang diselenggarakan oleh Ketua IOF Kabupaten Lingga.

Kapolda Kepri pada kesempatan itu menghimbau kepada generasi muda Indonesia khususnya di Kabupaten Lingga wajib menteladani pemuda indonesia ditahun 1928 sebagai dilansir dari pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrowi di Jakarta. Sebab di tahun 1928 merupakan tonggak besar kebangkitan pemuda Indonesia dan bangsa Indonesia. Pemuda hari ini patut bersyukur atas sumbangsih pemuda Indonesia yang sudah melahirkan sumpah pemuda ditahun 1928 silam.

“Kita generasi muda indonesia wajib menteladani pemuda indonesia ditahun 1928, dan kita patut bersyukur atas sumbangsih pemuda indonesia yang sudah melahirkan sumpah pemuda yang sudah seharusnya kita mengikuti langkah-langkah dan keberanian pemuda hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsa Indonesia,” ucap dia dalam pidatonya.

(Humas Pemkab Lingga)
(Humas Pemkab Lingga)

Selain itu, dizaman itu dia katakan sulit rasanya menemukan pemuda di Indonesia ini dengan mudah tanpa adanya transportasi dan komunikasi yang mudah. Bukan hanya bertemu tapi pemuda zaman itu pemuda melakukan musyawarah, bertukar pikiran hingga membentuk ikarar atas dasar kebangsaan.

Hari ini sarana transportasi dan komunikasi cukup memadai menyambut dari timur ke barat Indonesia. Namun aneh dengan komunikasi yang lancar membuat pemuda Indonesia sering berselisih paham dan terpecah belah. Padahal dengan kemudahan hari ini lebih mudah menyatukan kita untuk berkumpul.

“Bung Karno juga pernah menyampaikan jangan mewarisi abu sumpah pemuda tetapi warisi lah api sumpah pemuda. Kalau sekedar mewarisi abu saudara-saudara sudah puas dengan Indonesia sudah satu bahasa, satu bangsa, satu tanah air tapi ini bukan tujuan akhir,” papar dia.

Ditempat yang sama Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah datang mengikuti Upacara Sumpah Pemuda kali ini.

“Setelah upacara ini kita akan melanjutkan kegiatan Offroad di Kecamatan Singkep dan akan di tutup pada hari mingggu tanggal 29 oktober nanti di Pantai Sergang,” ucapan dia usai upacara.

Hadir dalam Upacara kali ini ialah perwakilan Pejabat Utama Polda Kepri, Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto, M.Tr. Hanla, FKPD se- Kabupaten Lingga, SKPD se- Kabupaten Lingga, OPD Kabupaten Lingga, Toga, Tomas dan Toda, dengan peserta upacara satu Pleton TNI AL Dabo Singkep, satu Pleton Polri Polres Lingga, Pleton Res/Intel Polres Lingga, Pleton Korpri, satu Pleton Dishub, satu Pleton Pol PP kab  Lingga dan Damkar Kec. Singkep, OPD. Kec. Singkep, PPP dan Mahasiswa, PPM,Pramuka dan TAGANA, Barisan Pelajar SMA,SMK/MA, SMP, Mts dan SD, Dram band Bhana Kumala Materiya. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.