Kesadaran Selamatkan Generasi Muda dari Ancaman Bahaya Narkoba.

IMG-20171028-WA0008
Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, dr. Afrizal.

Marwahkepri.com, Batam – Generasi muda merupakan pemegang tongkat estafet masa depan bangsa. Pemuda adalah generasi penerus dan pemimpin bangsa yang harus dipersiapkan dalam mencapai cita-cita bangsa.

Disamping itu, generasi muda memiliki peranan besar sebagai subyek maupun obyek dalam pembangunan pada masa kini dan masa yang akan datang. Kompetensi dan daya saing pemuda bagian integral dari pembangunan karakter menghadapi tantangan global.

IMG-20171028-WA0006

Menurut dr. Afrizal selaku anggota DPRD Propinsi Kepri mengatakan: Negara kita sekarang sudah berada dalam darurat narkoba. Maka dengan momentum hari sumpah pemuda ini, mari kita jadikan kesadaran menyelamatkan generasi muda dari ancaman dan bahaya narkoba.

Terhadap penanganannya, solusi dalam mengatasi permasalahan Narkoba ini adalah produsen dan pengedar harus dihukum mati, atau dihukum seberat-beratnya agar tidak mengulangi hal yang sama. Begitu pula terhadap pemakai yang juga menjadi korban Narkoba, setidaknya harus bisa direhabilitasi dengan baik dan benar agar tidak mengulangi hal yang sama.

Namun, saat ini justru penanganan pemakai Narkoba dilakukan dengan cara menjerujikan atau menghukumnya dengan sel tahanan, mungkin ini bukan solusi baik dalam penanganan Narkoba tersebut. Dan Lapas bukanlah solusi terbaik bagi pemakai Narkoba.

Kita perlu melakukan upaya dalam pemberatasan Narkoba di Indonesia ini, setidaknya peran masyarakat sangat perlu sekali. Dengan peran masyarakat dalam membantu pemberantasan Narkoba di wilayah masing-masing diharapkan dapat memperkecil peredaran Narkoba tersebut, ingat generasi kita selanjutnya ada ditangan para penerus bangsa tersebut.

Peran keluarga dalam hal ini sangat berpengaruh besar untuk masalah Narkoba ini. Khususnya untuk para generasi muda bangsa ini, potensi masyarakat sebenarnya memiliki peran dan posisi yang strategis dalam upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba dan peredaran Narkoba.

Mengapa demikian…… ?, karena pencegahan penyalahgunaan Narkoba dikalangan masyarakat merupakan upaya untuk memberikan kekuatan masyarakat melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengindentifikasi dan memprioritaskan kebutuhan tersebut. Pendekatan ini dianggap sangat relevan dalam mengatasi masalah Narkoba dikalangan masyarakat.

Karena itu dalam upaya penyalahgunaan Narkoba dan peredaran Narkoba tersebut, diharapkan peran serta masyarakat, terutama tokoh masyarakat harus lebih tampil lagi sebagai aktor utama dalam menggerakkan masyarakat untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan penggunaan Narkoba.

“Setiap elemen masyarakat mulai dari orang tua, anak-anak, remaja, sekolah, hingga organisasi sosial masyarakat, para tokoh masyarakat tampil sebagai aktor utama dalam upaya pencegahan Narkoba tersebut,” pinta dokter Tengku Afrizal Dahlan.

Salah satu Propinsi yang terdiri banyak pulau adalah Propinsi Kepulauan Riau (Kepri), pembangunan pemuda di pesisir dan pulau harus menjadi prioritas untuk penguatan NKRI di perbatasan.

Dimana potensi dan sumber alam Kepri sangat baik, sehingga sudah selayaknya para pemuda di pesisir diberikan keterampilan untuk menggelolah dan menggembangkan keindahan alam tersebut. Jayalah pemuda pesisir, bangkit membangun Indonesia yang Sejahtera

Kita berharap besar untuk generasi muda pada hari sumpah pemuda hari ini, Sabtu 28 Oktober 2017 menjauhi penyalahgunaan Narkoba. Hendaknya juga peranan orang tua, tokoh masyarakat, Ulama, maupun tokoh sosial dapat berperan serta dalam penyalahgunaan Narkoba ini, Mari selamatkan generasi muda dari bahaya Narkoba. Tutur Afrizal.
Tulisan : Nikson Juntak

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.