Peran Santri Dibutuhkan Dalam Pembangunan Saat Ini

Hari Santri Nasional Ilustrasi. (net)
Hari Santri Nasional Ilustrasi. (net)

BATAM (marwahkepri.com) – Peringatan Hari Santri Nasional 2017 Kota Batam digelar di Pesantren Darul Falah Batubesar, Nongsa, Minggu (22/10) dengan tema Santri Hebat, Negara Kuat, Santri Mandiri, NKRI Hebat. 30

Berpakaian ala santri dengan sarung, jas, dan peci, Walikota bersama tamu undangan lain ikut memakan Nasi Mandhi Yamani, duduk lesehan di atas tikar bersama petinggi Kota Batam lainnya. Nasi berempah khas Timur Tengah dengan lauk daging ayam tersebut disajikan oleh alumni pesantren Darul Falah yang pernah menimba ilmu di Timur Tengah, seperti Universitas Kairo Mesir dan negara lainnya.

“Ini nasinya lembut, beda dengan yang lain. Saya mau nambah lagi. Kegiatan seperti ini harus sering diadakan. Kalian semua milik kami dan kami milik kalian. Setiap kegiatan santri nanti agar dipusatkan di pusat kota,” ujarnya.

Walikota pun dalam acara tersebut turut serta mengajak para santri untuk ikut dalam pembangunan Kota Batam.

“Peran santri dalam perjalanan kemerdekaan sangat besar, dan terus dibutuhkan dalam pembangunan saat ini. Apapun permasalahan yang dihadapi, sampaikan kepada kami. Mari kita bangun NKRI dan Batam agar lebih hebat lagi,” ucap Walikota,

DAlam acara tersebut, Walikota Rudi juga meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Jami Darul Falah dan Aula IKPDF Kota Batam serta peresmian PT Labbaika Tour dan Travel tersebut.

Ketua Yayasan Pesantren Darul Falah Kota Batam, Marsapwan Abdul Wahab mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meneladani semangat jihad ke-Indonesiaan para pendahulu.

“Zaman seperti ini perlu santri modern terlibat dalam pembangunan dan memiliki sikap nasionalis yang tinggi,” kata dia.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan pencak silat, drum band, dan atraksi lainnya dari para santri. (mk/as/mc)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.