Kapolres : Kalau Ada Oknum Pemain Kayu Tangkap Saja

(doc)
(doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Kapolres Lingga, Ucok Lasdin Silalahi menegaskan terkait penggunaan kayu hutan perlu diperuntukkan secara tepat.

“Kalau untuk masyarakat itu tidak masalah. Asal jangan kawasan hutan lindung. Tapi kalau untuk keperluan luar. Dibawa keluar itu tidak ada manfaatnya untuk kita,” jelas dia, saat gelar Coffe Morning di Daik Lingga.

Dia menjelaskan pengawasan hutan perlu dilakukan dengan cara sinergitas antara penegak hukum dan semua kalangan. Hal ini untuk mencegah praktek ilegal loging di Kabupaten Lingga yang justru merugikan daerah.

“Jika ditemukannya oknum tak bertanggung jawab membawa kayu balok, baik ke Kota Tanjungpinang maupun ke Kota Batam, langsung tangkap saja,” tegas dia.

Sebab manfaat itu bukan untuk khalayak ramai melainkan hanya untuk pemain kayunya saja. Justru sepantasnya kayu yang ditebang diolah sehingga bernilai ekonomis tinggi baik bagi masyarakat, maupun pengusaha itu sendiri.

Apalagi, kata dia jika yang ditebang itu areal hutan gunung Daik dan areal hutan lindung lainnya, dia tidak akan segan melakukan penangkapan. Karena menurut keasrian gunung Daik merupakan harta Kabupaten Lingga.

“Kalau hutan lindung Gunung Daik ditebang, aku yang kejar nanti keatas,” papar dia. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.