Kepri Carnival, Lingga Hadirkan 15 Costum Sang Sapurba

Na
Zahar (doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lingga diwakili Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) Ceq’ Conon Lingga berpartisipasi dalam acara Kepri Carnival, salah satu rangkaian kegiatan Festival Bahari Kepri (FBK) 2017. Dalam momen ini, 15 peserta dari Kabupaten Lingga akan hadir dengan costum bertema Sang Sapurba.

Disparpora Lingga diwakili bidang promosi pariwisata mengatakan sejauh ini pihaknya telah melakukan persiapan untuk berpartisipasi dalam ajang Kepri Carnival.

“Sudah kita lakukan persiapan. Insyaallah besok kita berangkat, kita istirahat melakukan persiapan lebih matang. Tanggal 21 kita tampil,” jelas Zahar PPTK  kegiatan ini, Rabu (18/10).

Dia katakan, ada 15 peserta yang dari Akari Ceq’ Conon akan berpartisipasi menampilkan costum karya sanggar yang bertemakan Sang Sapurba. Dalam hal ini, keikutsertaan pada gelar Carnival sudah merupakan agenda tahunan Disparpora. Pihaknya telah memplot anggaran untuk kegiatan ini.

“Ini kegiatan tahunan Disparpora untuk mendukung kegiatan provinsi Kepri yang secara tidak langsung meningkatkan promosi kreativitas, budaya pariwisata dan sebagainya di Kabupaten Lingga,” lanjut dia.

Sementara Ketua DPC Akari Ceq’ Conon Lingga, Fier Madjid menyampai pihaknya merupakan sanggar satu-satunya di Kabupaten Lingga yang menggiatkan kegiatan dan kreatif desain costum Carnival.

Sejauh ini track record sanggar telah 3 kali mewakili Kabupaten Lingga di Jember Carnival, Jawa Timur dan Kepri Carnival. Akari Ceq’ Conon juga pernah keluar sebagai juara umum mengharumkan nama Kabupaten Lingga pada ajang Kepri Carnival ditahun-tahun lalu.

“Iya kita dipercaya mewakili Kabupaten Lingga. Sejauh ini persiapan kami untuk tampil sudah 95 persen. Kami siap untuk menampilkan yang terbaik,” jelas dia saat dihubungi via seluler.

Untuk tema yang diangkat yakni Sang Sapurba yang merupakan usulan provinsi dia menjelaskan perjalanan panjang kerajaan Melayu. Menurutnya Sang Sapurba merupakan tokoh mitos di Bumi Tanah Melayu. Ada 15 costum, Akari Ceq’ Conon menampilkan berbagai sudut perjalanan dan budaya Sang Sapurba.

“Jadi dari costum tadi, menceritakan tentang perjalanan Sang Sapurba, dari Palembang ke Bintan dan lainnya,” ucap dia.

Dia berharap, hadirnya Akari Ceq’ Conon akan memberikan kepuasan kepada Kabupaten Lingga. Pihaknya akan berusaha menampilkan sebaik-baik mungkin.

“Kita berterimakasih kepada Pemda, yang dulu kami dengan modal sendiri berkonon-konon. Kali ini kami membawa nama baik Kabupaten Lingga,” tutup dia. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.