Resmi Ditutup, Hanya 16 Parpol Serahkan Berkas ke KPU Lingga

(doc)
(Doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga secara resmi menutup masa penyerahan berkas bagi partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019 pada pukul 24.00 WIB, Senin (16/10) malam. Hingga penyerahan tersebut ditutup, hanya 16 partai parpol yang menyerahkan berkas keanggotaan ke KPU Lingga.

Ketua KPU Kabupaten Lingga, Agussyuriawan menyampaikan 16 parpol yang menyerahkan berkas daftar keanggotaan dan penerimaan salinan bukti keanggotaan tersebut terdapat 11 parpol merupakan peserta pemilu 2014 sedangkan 5 parpol merupakan partai baru yang siap bertarung pada pemilu 2019 ini.

“Partai lama kan ada 12, karena PKPI yang tidak menyerahkan berkas keanggotaan jadi tinggal 11. Ditambah partai baru ada 5,” jelas Agus, Selasa (17/10).

Namun tegas dia, diantara 16 parpol tersebut ada beberapa partai yang belum lengkap menyerahkan lampiran F2. Tetapi partai tersebut tetap diterima dengan cacatan harus melengkapi syarat pendaftaran 1×24 jam sebagaimana dijelaskan masa penyerahan berkas F2 tersebut sesuai dengan surat edaran 585 dari KPU RI.

Sebagaimana diketahui data Sipol (Sistem Informasi Partai Politik) harus sesuai dengan data keanggotaan secara manual yang diserahkan parpol dalam bentuk softcopy dan hardcopy. Dalam penyerahan ini data yang disyaratkan dari KPU minimal keanggotaan berjumlah 94 anggota.

“Itu ada Hanura, PBB, PKB. 1×24 jam kami kasih waktu melengkapi,” papar dia.

Selanjutnya pihaknya akan melanjutkan proses penelitian administrasi.

Keenambelas parpol yang telah mendaftar itu yakni Partai Perindo, PSI, Partai Berkarya, Partai Garuda, Partai Idaman, PDIP, Hanura, Nasdem, PAN, PKS, Gerindra, Golkar, PPP, Partai Demokrat, PKB, dan PBB. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.