Hadirnya SPAM, Diharapkan Beri Perubahan Baru Desa Benan

proyek SPAM di Desa Benan (Arpa)
proyek SPAM di Desa Benan (Arpa)

Lingga (marwahkepri.com) – Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang hampir selesai pembangunannya di desa Benan, Kecamatan Senayang diharapkan memberikan perubahan terkait ketersediaan air dipulau wisata tersebut. Sebab selama ini, ketersediaan air bersih salah satu yang diinginkan peningkatannya oleh masyarakat, apalagi saat menanggapi kehadiran tamu-tamu wisata.

Kepala desa Benan, Mar’at menyampaikan sejauh ini pihak CV Mutiara Lingga yang memenangkan tender sudah melakukan pembangunan cukup baik. Pihak desa juga akan memantau terus pekerjaan ini. Saat ini pekerjaan dilanjutkan dengan pemasangan pipa SR (Sambungan Rumah) berupa meteran.

“Jadi dengan meteran ini air akan masuk ke rumah-rumah warga, dengan harapan kontribusi cukup baik nantinya,” terbang dia saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Dia katakan sejauh ini belum ada finishing. Tetapi tim Provisional Hand Over (PHO) dari Dinas Pekerjaan Umum, Penata Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Kabupaten Lingga sudah turun ke lokasi pada awal Oktober lalu.

“Masalah air memang bukan masalah krusial. Tetapi kita harap dengan ada SPAM ini justru dapat membantu masyarakat,” ujar dia.

SPAM ini akan menjadi aset daerah dan akan dikelola BUMDes Benan. Pengaturan ini dilakukan agar pendapatan dari hasil yang dikeluarkan masyarakat akan menjadi Pendapatan Asli Desa (PADes) Benan. Selama ini di Benan tidak begitu sulit dengan air namun pengaturan pemakaian air belum dioptimalkan.

“Jadi BUMDesa ini akan menjadi kendaraan yang akan menyalurkan kepada masyarakat agar menjadi pendapatan desa,” lanjut dia.

Dengan SR yang dipasang, mayarakat juga bisa menghemat pemakaian air.

Dia juga sampaikan terimakasih kepada Pemkab Lingga kerena telah memperhatikan desa Benan. Hadirnya SPAM ini bukan hanya masyarakat yang akan mendapatkan dampak baik, keadaan ini juga akan mengsingkronkan dengan pariwisata Benan.

“Mudahan-mudahan Benan dengan dibantu sedikit demi sedikit bisa semakin maju,” harap dia.

Untuk diketahui proyek SPAM desa Benan dibangun CV Mutiara Lingga dengan masa kerja 180 hari yang dimulai pada Juli lalu dan pagu anggaran 1,2 miliyar. Pembangunan SPAM dinilai  paling cepat dari pembangunan SPAM ditempat lainnya. Pihak perusahaan menargetkan akhir bulan ini setiap rumah sudah dialiri air.  (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.