BKPP Natuna Luncurkan Program “Lakse si Jafung”

IMG_20171017_001611
Kaban BKPP menyalami Wabup usai pembukaan selubung

Natuna (Marwahkepri.com) – Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti meresmikan secara langsung “Lakse Si Jafung” Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Natuna, di Halaman Kantor BKPP Kabupaten Natuna, Senin (16/10) pagi. 

Lakse Si Jafung merupakan layanan konsultasi dan konseling kompetensi jabatan fungsional. Sesuai dengan amat Undang – Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, seluruh Aparatur harus mampu meningkatkan kemampuan dan kompetensinya untuk menjadi Aparatur Sipil Negara yang Profesional termasuk didalamnya PNS dalam jabatan Fungsional.

“Untuk mendukung hal yang dimaksud, Pemerintah Kabupaten Natuna mengeluarkan kebijakan strategis dibidang kepegawaian dengan diterbitkan Peraturan Bupati Natuna Nomor 44 tahun 2017 tentang Pengembangan Karier Jabatan Fungsional PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna,”kata Wakil Bupati Natuna Ngesti.

Sebagai Implementasi dari Peraturan Bupati Natuna tersebut, Lanjut Ngesti mengatakan BKPP Kabupaten Natuna melakukan sebuah terobosan cerdas berupa pembuatan wadah konsultasi dan konseling yang diberi nama Lakse Si Jafung.

Melalui wadah ini Ngesti berharap bisa membantu PNS yang berminat untuk beralih menjadi pejabat fungsional agar dapat menentukan pilihan jabatannya sesuai dengan kompetensi dasar yang dimiiki.

“Agar wadah ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh PNS. Untuk para petugas assessor yang telah ditunjuk untuk senantiasa mengedepan profesionalisme dalam menjalankan tugas jabatannya,”jelasnya.

“Mari kita semua bersatu padu dan bergandeng tangan guna mencapai salah satu Misi Pemerintah Kabupaten Natuna,”tutupnya.

Kepala BKPP Natuna, Erwita Yuda mengatakan layanan lakse si jafung ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang kedudukan, tugas dan fungsi jabatannya fungsional sesuai dengan kompetensi dasar yang dimiliki oleh PNS yang berminat.

Dijelaskan Erwita, dalam rangka pengembangan karier, profesionslisme dan peningkatan kinerja organisasi, serta guna memenuhi kebutuhan jabatannya fungsional,  maka pemerintah daerah melalui BKPP menyediakan layanan konsultasi dan konseling kompetensi jabatan fungsional untuk memberikan rekomendasi bagi PNS yang akan diangkat menjadi pejabat fungsional.

Lakse Si Jafung terdiri dari layanan, Lakse Si Pedas artinya Layanan Konsultasi dan Konseling Kompetensi Pengetahuan Dasar tentang jabatan fungsional. Lakse Bangka artinya Layanan Konsultasi dan Konseling Kompetensi Pengembangan Karier.  Lakse Kari artinya Layanan Konsultasi dan Konseling Kompetensi Kapasitas Diri. Lakse Kuah artinya Layanan Konsultasi dan Konseling Kompetensi Kualitas Kesejahteraan.(mk/nang)