Bupati Karimun Kukuhkan Pengurus Dekranasda Kabupaten Karimun

KETUA DEKRANASDA: Ketua Dekranasda Kabupaten Karimun, Hj Raja Azmah Aunur Rafiq saat menyampaikan sambutan, Jumat (13/10) di Ballroom Padimas Hotel Aston Kabupaten Karimun. (Foto/MK/Hasian)
KETUA DEKRANASDA: Ketua Dekranasda Kabupaten Karimun, Hj Raja Azmah Aunur Rafiq saat menyampaikan sambutan, Jumat (13/10) di Ballroom Padimas Hotel Aston Kabupaten Karimun. (Foto/MK/Hasian)

KARIMUN (Marwahkepri.com) – Bupati Karimun H Aunur Rafiq mengukuhkan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Karimun periode 2016-2021, Jumat (13/10) di Ballroom Padimas Hotel Aston Kabupaten Karimun. Pengukuhan itu disejalankan dengan acara Launching Batik Karimun.

Acara pengukuhan itu juga dihadiri, FKPD dan OPD Karimun, Camat dan lurah, Wakil II DPRD Kabupaten Karimun, Bakti Lubis, Ketua PN Karimun, serta seluruh pengurus dan anggota Dekranasda Kabupaten Karimun periode 2016-2021.

Ketua Dekranasda Kabupaten Karimun, Hj Raja Azmah Aunur Rafiq dalam sambutannya mengatakan dengan launchingnya batik Karimun ini, agar Kabupaten Karimun dapat lebih dikenal di Kabupaten/Kota, Provinsi dan dareah-daerah lainya maupun mancanegara.

Dikatakan, jenis dan motif khas Karimun ada delapan motif yang dilaunching. Kedelapan motif tersebut, terdiri dari motif Tampuk Manggis Bunga Melur, Wajik Tersamar, Daun Sukun, Udang Galah Berbiring, Jong Sri Gelam, Ikan Kurau, Pokok Sagu Berayun dan motif Tampuk Manggis Sirih Raja.

“Insyallah kedepan, kami akan lebih menggali lagi inovasi dan menambah motif lagi. Sehingga motif batik Karimun bertambah dan tidak hanya delapan motif lagi” ujarnya.

Diharapkan kedepan, bersama pengurus Dekranasda daerah lainnya maupun Provinsi, akan bersama-sama memajukan Dekranasda Kabupaten Karimun. Membantu pelaku usaha, pengrajin dan UKM yang berada di Kabupaten Karimun agar dapat berkembang.

Sehingga, lanjutnya, dengan hal ini dapat menjadi masa depan pencarian para pelaku usaha, pengrajin maupun UKM yang berada di Kabupaten Karimun semakin meningkat dan semoga menjadi kesejahteraan bagi Kabupaten Karimun dengan ekonomi yang semakin baik.

Sementara itu, Bupati Karimun berharap dibentuknya Dekranasda ini sebagai wadah untuk melakukan pembinaan-pembinaan terhadap kerajinan-kerajinan daerah. Sehingga, kerajinan-kerajinan daerah dapat didorong, dimotivasi dan bisa lebih digali lagi.

Yang kedua, tambahnya, tidak kalah pentingnya, tidak sekedar membina. Tetapi juga untuk membantu bagaimana pemasarannya. Menjalin akses hubungan pemasaran dengan luas. Sehingga, pelaku-pelaku kerajinan di tempat kita ini bisa berkembang dengan baik.

“Selain itu, yang ketiga, membangun komunikasi jaringan dengan perbankan untuk kredit usaha mikro seperti di Bank-bank. Apakah Bank Pemerintah maupun swasta, ini dapat dilakukan,” tambahnya.

Bupati juga sudah meminta kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karimun, mendampingi Dekranasda untuk menjalin akses dengan perbankan agar mendaftarkan para pelaku dunia usaha kerajinan ini.

 

“Sehingga, para pelaku usaha juga mengerti bagaimana untuk penguatan modal dapat dilakukan dengan pinjaman dengan perbankan yang sudah ada ini,” pungkasnya. (mk/Hasian).