Misi Budaya 3second di Anambas Melibatkan Seniman Lingga

(doc)
(doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Dalam rangka mengisi jemputan gelar festival Pesona Seni Budaya Melayu di Kabupaten Kepulauan Anambas yang akan dilaksanakan tidak lama lagi. Salah satu seniman musik asal Lingga, Jefri Rian Siska ikut terlibat mengisi acara dengan tajuk Misi Budaya 3second, Tanjungpinang, Anambas dan Lingga.

Dihubungi lewat seluler, Rian sapaan akrabnya mengatakan dalam giat yang dibuat salah satu perusahaan minyak dan gas Premier Oil di Anambas itu, pihaknya yang selama ini bergelut di dunia musik tradisi melayu akan menggelar workshop Serampang 12 dan 3 serangkai tari dasar pokok tradisi melayu.

Pemuda asal Kabupaten Lingga yang saat ini berdomisili di Jakarta juga menyampaikan selain workshop tari, misi budaya 3second turut memberi workshop musik tradisi dengan pertunjukan seni bertajuk denyut nadi Laut Cina Selatan.

“Kita berbagi sekaligus menggali tradisi pada giat ini. Karena akar melayu pada diri kita jangan sampai hilang,” tenaga dia, Kamis (12/10).

Sebagai narasumber mengisi workshop tersebut kata dia akan hadir Ijal Wait koreografer tari, raja serampangan 12 asal Medan, Reci Kardiman seorang arrangger, kreator sekaligus ketua dari Komunitas Ronggeng Deli. Dan dia sendiri sebagai pengisi dan CEO Bilek44 studio recording JKT.

Menurutnya sebagai seniman tradisi, dasar tradisi sangat penting dalam berkesenian. Terlebih dalam kebudayaan  selaku seniman melayu. Untuk itu, walaupun sekarang berada di kota metropolitan, namun tradisi ibu kandung (Melayu) tidak hilang disapu zaman. Dan sekarang, pihaknya sering melakukan giat seni tradisi dalam mengisi berbagai kegiatan di ibukota.

“Reci Kardiman juga seorang pencipta lagu Sapta Bunda yang mendapat nominasi lagu unggulan di parade lagu nusantara mewakili provinsi Kepri,” jelas dia. (arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.