Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Pemko Batam Gelar Tes Urine

Camat dan Lurah di lingkungan Pemerintah Kota Batam melakukan tes urine, Senin (2/10).
Camat dan Lurah di lingkungan Pemerintah Kota Batam melakukan tes urine, Senin (2/10).

BATAM (Marwahkepri.com) – Pemerintah Kota Batam menggelar tes urine untuk seluruh Camat dan Lurah di lingkungan Pemerintah Kota Batam, Senin (2/10) bertempat di aula Lantai IV Kantor Walikota Batam.

“Camat Lurah dites karena dia pimpinan di wilayah kerjanya,” jelas Walikota Batam, Muhammad Rudi.

Selain Camat dan Lurah yang berjumlah 76 orang, tes urine juga diberlakukan terhadap pegawai Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) serta Sekretariat Dewan.

Rudi menjelaskan bahwa tes urine ini sebagai bentuk pencegahan penyalahgunaan narkotika di kalangan pegawai Pemko Batam. Dengan adanya tes urine ini, diharapkan bisa menimbulkan efek jera.

Pelaksanaan tes urine ini bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batam. Hasil tes urine ini juga akan diperiksa oleh tim BNN. Apabila ada pegawai yang terindikasi menyalahgunakan narkoba, akan ditindaklanjuti sesuai aturan.

“Tak perlu diekspos, cukup saya yang kasih pembelajaran. Kedapatannya apa, tingkatannya apa. Kalau misal cukup rehabilitasi, ya rehab saja lah. Lihat tingkatan penggunaannya. Misal harus rehab tapi punya jabatan, kita lepas dulu jabatannya,” ucapnya.

Menurut Rudi, tidak ada alasan khusus kedua organisasi perangkat daerah ini ditunjuk untuk tes urine. Tapi lebih karena jumlah pegawainya yang cukup banyak.

“Ada 300 uangnya, 300 kita cek. Tergantung Pak Didi (Kepala Dinas Kesehatan),” ujarnya. (mk/mc)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.