Makna Pancasila Dalam Sanubari Pramuka

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Bumi Perkemahan Bukit Dangas, Sekupang, Senin (2/9).
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Bumi Perkemahan Bukit Dangas, Sekupang, Senin (2/9). (mun)

BATAM (Marwahkepri.com) – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, gerakan pramuka dari SMPN 25 Sekupang Batam dan SMPN 40 Tanjung Piayu Batam melakukan upacara di area pintu masuk Bumi Perkemahan Bukit Dangas, Sekupang, Senin (2/9).

Prosesi upacara yang sangat sederhana namun sangat bermakna tersebut berlangsung khidmat. Bertindak sebagai pemimpin upacara, Kak Mukti selaku Pembina Pramuka dari SMPN 25 Sekupang.

Upacara tersebut dihadiri juga oleh pengelola Bumi Perkemahan Bukit Dangas, Oditkusmar Lubis dan beberapa anggota kepolisian dari Polsek Sekupang

Pemimpin Upacara Mukti Ali (mun)
Pemimpin Upacara Mukti Ali (mun)

Selaku pimpinan upacara, Mukti mengamanatkan bahwa nilai dari peringatan kesaktian pancasila ini bisa dimaknai sebagai wahana pendidikan untuk memahami nilai-nilai pancasila secara murni dan konsekuen, sehingga generasi muda khususnya anggota pramuka bisa merekfleksikan pemahaman makna yang terkandung dalam pancasila itu sendiri.

Diwaktu yang sama, pembina pramuka dari SMPN 40 Tanjung Piayu, Handoko merasa begitu terkesan dengan kegiatan ini, selain menanamkan pemahaman nilai-nilai pancasila, kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai penempaan mental bagi anggota pramuka binaannya.

Setelah kegiatan upacara selesai, semua anggota pramuka melakukan kegiaatan hiking menelusuri hutan, dan dilanjutkan dengan melakukan kegiatan outbond di area Bukit Dangas.

Didalam Bumi Perkemahan Bukit Dangas, Sekupang ini terdapat fasilitas bumi perkemahan, outbond, flying fox dan akan segera dibangun kolam renang dan kebun binatang mini sebagai tempat wisata keluarga yang asri. (mk/mun)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.