KPU Lingga Gelar Bimtek Pendaftaran Parpol

KPU Lingga Gelar Bimtek Pendaftaran Parpol
Lingga (marwahkepri.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga menggelar bimbingan teknis (Bimtek) tentang pendaftaran dan verifikasi Partai Politik (Parpol) untuk calon peserta Pemilu 2019 mendatang. Bimtek tersebut bertujuan menyampaikan kepada parpol untuk menyiapkan seluruh persyaratan dan dokumen saat melakukan pendaftaran di KPU Lingga.

“Tujuannya agar seluruh parpol dapat memahami secara tuntas syarat calon parpol sebagai peserta pemilu yang mengikuti pemilu 2019,” kata Katua KPU Lingga Agussyuriawan, (02/10).

Dia menjelaskan berdasarkan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 10, bahwa persyaratan partai politik untuk mengikuti pemilu 2019 harus berstatus badan hukum sesuai dengan UU yang mengatur partai politik. Selain itu, harus memiliki kepengurusan parpol di seluruh Provinsi sedikitnya 75 persen, ditingkat Kabupaten 50 persen dan menyertakan sekurang-kurangnya 30 persen perempuan, memiliki anggota sekurang-kurangnya 1000 orang atau 1/1000, dari jumlah penduduk.

“Jadi, kalau ada kekurangan akan diadakan perbaikan untuk memenuhi kekurangan dari pada 94, jadi setiap parpol sesuai dengan jumlah penduduk kita,” terang dia.

Selanjutnya kata dia, setiap partai politik harus memiliki kantor tetap kepengurusan tingkat Kabupaten/Kota sampai tahap akhir pemilu. Serta mengajukan nama lambang atau tanda gambar parpol kepada KPU, menyerahkan nomor rekening atas nama parpol kepada KPU dan menyerahkan salinan AD dan ART parpol sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

“Itu wajib bagi partai politik sebagai syarat untuk mengikuti pemilu legislatif kedepan,” tambah dia.

Dia menegaskan, parpol yang sudah terdaftar di Kesbangpol Lingga wajib hukumnya mendaftar di KPU sebagai peserta pemilu 2019. Sesuai data kata dia KPU Lingga hanya terdaftar 16 parpol sesuai data dari Kesbangpol. Namun secara nasional jumlah parpol itu sebanyak 73.

“Jadi 16 parpol ini wajib hukumnya untuk mendaftar sebagai peserta,” tutupnya (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.