Ratusan Warga Daik Nobar G30S/PKI di Tanjung Buton

Suasana Nona G30S/PKI di Tanjung Buton Daik Lingga (doc)
Suasana Nona G30S/PKI di Tanjung Buton Daik Lingga (doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Ratusan masyarakat Daik Lingga antusias nonton bareng (Nobar) film G30S/PKI di taman Tanjung Buton tadi malam, Sabtu (30/09). Acara nobar ini, dipersembahkan Nofa Entertainment sekaligus mengelar konser musik pemuda Daik.

Wawan Daek selaku koordinator acara ini mengatakan alasan pihaknya menggelar nobar ini karena merasa terpanggil mengingatkan tragedi kelam bangsa Indonesia terhadap kebiadaban Paftai Komunis Indonesia (PKI).

Disampingnya mengingatkan sejarah yang difokuskan pada generasi muda di Daik, dia katakan gelar nobar ini pastinya banyak memberikan dampak positif.

“Jadi genarasi sekarang cuman tau saja PKI secara umum, tapi belum tentu mereka mengenal lebih jauh PKI. Dengan ini kita harap mereka lebih tau bagaimana PKI dulunya dengan kejahatan-kejahatan yang mereka lakukan terhadap negara kita,” ujar dia saat dijumpai media ini, Sabtu (30/09) malam di Tanjung Buton Daik Lingga.

Selain itu, momen nobar ni dilakukan juga sekaligus napak tilas sejarah lewat berkarya. Dia acara nobar tersebut pihaknya juga menghadirkan rangkaian konser musik pelajar dan pemuda. Konser musik dikatakan dilakukan sempai pukul 04.00 subuh sebagaimana mengingat finishing pemberontakan PKI tepat pada tanggal 30 September.

“Kita juga suguh ini kepada masyarakat Daik. Jadi lebih kurang kami akan selenggarakan ini sampai jam 04.00 subuh sama persisnya net pemberotakan PKI kepada tujuh Jendral kita. Tepat 30 Spetember, 52 tahun mengenang,” lanjut dia.

Dia berharap dengan digelarnya nobar tersebut, jangan sampai terulang kembali peristiwa yang sama. Selain itu harapan juga dengan apa yang dibuat dapat memberi kesan dan pesan positif yang bisa dipetik setiap orang.

“Di acara ini banyak generasi kita yang nonton. Semoga menjadi pemimpin-pimimpin di masa yang akan datang,” kata dia.

Pantauan lapangan ratusan masyarakat Daik, terdiri dari berbagai kalangan baik pelajar, pemuda dan anak-anak mengisi malam Minggu ini nobar di taman Tanjung Buton. Mereka duduk rapi mulai dari mengisi kursi-kursi pedagang kaki lima maupun duduk santai beralaskan aspal jalanan. Nobar terlihat sederhana namun penuh keseriusan penonton.  (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.