Kerangka Manusia Kuno Ditemukan di Sepempang

IMG_20170929_133218
Penggalian kerangka manusia kuno

Natuna (Marwahkepri.com) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menemukan kerangka mayat berusia ribuan tahun di desa Sepempang, kecamatan Bunguran Timur, Natuna.

Penggalian kerangka manusia yang diperkirakan berasal dari abad ke 12-13 tersebut dilakukan tim pada Kamis  (28/09/2017). Tepatnya dibelakang rumah warga setempat, bernama Isa.

Diduga, kerangka manusia itu berjenis kelamin perempuan dilihat dari tulang pinggulnya. Diguga juga, kerangka tersebut merupakan penduduk asli tempatan.

“Saya hanya menduga, karena belum diidentifikasi menggunakan alat sesuai standar operasional”, ujar Soni, Ketua Pelaksana Kemendikbud RI, sore hari itu.

Kerangka tersebut ditemukan dalam keadaan tidak utuh lagi, hanya tinggal tulang belulang tanpa tengkorak.

“Kemungkinan berasal dari abad 12 atau 13, dan juga kemungkinanya bukan orang Muslim, karena posisi kerangka tidak menghadap kiblat”, ucap Soni.

Sedangkan Koordinator Pelaksana Lapangan Kemendikbud, Nina, menyayangkan, temuan kerangka tua ini tidak utuh lagi.

Disamping itu, juga tidak disertai keranda atau benggong, maupun bawaan kubur lainnya, seperti Keramik, Pedang, Keris dan sebagainya. Karenanya, Nina menghimbau kepada masyarakat jika menemukan kuburan kuno agar jangan merusaknya.

“Dengan adanya situs-situs sejarah ini, Natuna bisa semakin dikenal, baik secara nasional maupun internasional,” katanya.

Sebab situs-situs kuno, berupa kuburan lama, adalah sejarah penting bagi Indonesia, khususnya Natuna, tambahnya.

Agar situs-situs kuburan kuno, semakin dikenal, maka Kemendikbud akan melaksanakan sosialisasi, bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Natuna.(nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.