Gunung Agung Berstatus Awas, Pariwisata Bali Masih Aman

Gunung Agung Bali. (net)
Gunung Agung Bali. (net)

Karangasem (marwahkepri.com) – Gubernur Bali, Made Mangku Pastika memastikan pariwisata di Bali masih aman untuk turis, baik domestik maupun mancanegara.

Ia juga menjelaskan dari 80-an objek wisata di kabupaten tempat Gunung Agung berada, objek wisata yang akan terdampak erupsi Gunung Agung kurang dari setengahnya. Ada sekitar 64 objek wisata di Kabupaten Karangasem yang masih aman dari wilayah terdampak.

“Jadi pariwisata mestinya oke. Untuk saudara dan saudari dari luar negeri, Bali masih aman. Area bahaya hanya 12 km dari kawah. Jadi, jika erupsi terjadi, bahaya hanya dalam radius itu,” kata Pastika di Pos Pengungsian GOR Swacepura, Klungkung, Bali, Rabu (27/9).

Walau begitu, Pastika menyatakan sebaran abu vulkanik bisa saja terbawa ke kabupaten lain dan mempengaruhi pariwisata di Bali. Sebaran abu vulkanik juga bergantung tiupan angin.

“Kalau terjebak karena abu vulkanik tentu berbahaya untuk penerbangan, tapi itu kan tergantung pada arah angin. Harapannya, jika erupsi terjadi sekarang, itu belum tentu berdampak ke Bandara Ngurah Rai,” ucap Pastika. (mk/as/d)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.