Selama Seminggu, Satlantas Polres Lingga Gelar Razia Kendaraan

(doc)
(Puluhan Kendaraan Bermotor yang terjaring razia OPS Bulan Tertib Lalu Lintas)

Lingga (marwahkepri.com) – Polres Lingga melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) melaksanakan Operasi Bulan Tertib Lalu Lintas yang digelar sejak tadi, Senin (25/09) sore di Ibukota Daik Lingga. Pelaksanaan Operasi Bulan Tertib Lalu Lintas dijadwalkan selama satu Minggu kedepan.

Kasatlantas Polres Lingga, AKP Indra Jaya yang turut langsung turun ke jalan raya ketika dikonfirmasi mengatakan gelar razia ini mengecek kelengkapan dan surat-surat kendaraan bagi pengendara baik roda dua maupun roda empat.

“Sesuai surat perintah pelaksanaan itu satu Minggu kalau itu mungkin berkelanjutan. Tapi kita lihat situasi,” ujar Indra saat itu.

Dia mengatakan untuk target tilang merupakan pengendara atau kendaraan yang tidak melengkapi surat dan kelengkapan kendaraan, seperti SIM dan STNK. Untuk wilayah Daik dia sampaikan baru pertama kali menggelar razia ini.

“Jadi target mereka yang tidak lengkap surat-surat kendaraan, helm, spion,” kata dia.

Saat disinggung, kenapa memilih kota Daik Lingga dalam melaksanakan operasi ini dia sampaikan Daik merupakan ibukota Kabupaten Lingga. Untuk itu pihaknya memulai operasi tertib ini dari Kota Daik dan kemudian menyebar ke kota lain seperti Dabosingkep.

“Kita prihatin, melihat ibukota yang masyarakat tidak tertib peraturan lalu lintas. Yang jelas dari hasil pemeriksaan masih banyak yang tidak mematuhi peraturan-peraturan dan kelengkapan berlalu lintas,” papar dia.

Sementara terkait kendaraan dinas yang tidak melengkapi kelengkapan kendaraan juga akan ditindaklanjuti.

“Operasi akan terus kami lakukan. Besok kami berencana akan menggandeng pihak Dispenda untuk melanjutkan operasi ini terkait pajak kendaraan,” terang dia.

Untuk dia mengimbau kepada masyarakat Daik Lingga khususnya dapat mematuhi peraturan lalu lintas, mulai dari penggunaan helm Standar Nasional Indonesia (SNI), membawa kelengkapan berkendaraan seperti SIM, STNK dan lainnya serta menghidupkan lampu kendaraannya pada siang dan malam hari (safetyriding).

“Selain itu surat-surat kendaraan dan kelengkapan kendaraan lainnya hendaknya dilengkapi, seperti kaca-kaca spion ganda kanan dan kiri,” katanya.

Pantauan lapangan ops Bulan Tertib Lalu Lintas ini dilaksanakan di persimpangan jalan Tanda Hulu, Daik Lingga. Dalam operasi ini puluhan sepeda motor dan beberapa kendaraan roda empat terjaring razia.

Dari Polres Lingga, menurunkan sebenayak 11 personil Lantas dan satu orang provost dibantu BKO Lantas Polsek Daik Lingga. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email