Pemkab Natuna Gandeng BTP, Cetak SDM Pariwisata Handal

IMG-20170925-WA0015
Jabat tangan usai penanda tanganan MoU

Natuna (Marwahkepri.com) – Setelah pemerintah pusat menetapkan pariwisata masuk dalam lima pilar pembangunan Natuna, kini pemerintah daerah terus berupaya melakukan perbaikan hingga terwujud menjadi sektor unggulan.

Pemda Natuna tidak serta merta berpangku tangan mengharapkan bantuan turun dari pusat. Kabupaten perbatasan ini terus menggenjot infrastruktur dan berbagai fasilitas penunjang pariwisata melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Upaya dilakukan tidak hanya membenahi sarana fisik pendukung semata, akan tetapi juga memperbaiki sisi Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini wajib dilakukan, demi terciptanya SDM pariwisata terampil, siap pakai dan berdaya saing.

Guna membuat hal diatas menjadi kenyataan, Pemkab Natuna telah menaroh hati dan menggaet Batam Tourism Politechnic (BTP) sebagai partner. BTP dianggap sebagai salah satu institusi berkompeten mencetak SDM pariwisata handal.

Pemkab Natuna melalui Bupati Hamid Rizal, telah melakukan penanda tanganan Memorandum of Understending (MoU) dengan pihak BTP, di Komplek Tiban Ayu, Batam, pada Senin (25/09/2017).

Menurut Hamid, kerja sama ini merupakan salah satu bentuk nyata Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Natuna (TP3N). Sejak dibentuk pada tanggal 20 Mei 2017 untuk mempercepat pengembangan pariwisata daerah. Upaya peningkatan kualitas SDM tersebut menjadi tanggungjawab dan program kerja Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga.

Kerja sama dengan BTP dipandang tepat, karena selain memiliki sistem pendidikan dan pembinaan profesional, didukung pula dengan sarana dan jaringan pendukung pendidikan cukup luas.

Terlebih lagi masyarakat Natuna juga familiar dengan kondisi Kota Batam, sekaligus lokasi praktek yang sangat mendukung pengetahuan sedang dituntut, terutama program praktek lapangan bisa dilakukan diberbagai hotel berbintang di luar negeri, seperti Dubai, Swiss, Amerika, dan lain-lain.

Melalui kerjasama ini diharapkan putra-putri dapat berperan sebagai ujung tombak pengembangan sektor Pariwisata daerah.

BTP sejak berdiri tahun 2014 sudah banyak melakukan kerjasama dg pemerintah daerah,  diantaranya Kabupaten Siak,  Kabupaten Karimun,  Kabupaten Meranti dan lainnya.

Hal ini disampaikan oleh Direktur BTP, M.Nur Nasution, dalam sambutannya saat penandatangan  MoU.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kadis Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Natuna Marka Dj dan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Natuna Erson Gempa Apriandi.

Usai penandatangan MoU, rombongan Pemda Natuna meninjau  ruang belajar dan praktek dimiliki BTP. Seluruh fasilitas pendukung proses belajar mengajar sudah berstandar internasional.(nang/humas)

Print Friendly, PDF & Email