Koperasi Petani Impian Karimun Resmi Terbentuk

RAPAT PEMBENTUKAN : Puluhan petani yang tergabung dalam kelompok tani Kabupaten Karimun, menghadiri rapat pembentukan Koperasi, Jumat (22/9) dilokasi lahan pertanian milik PT Pantai Impian Karimun, Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun.
RAPAT PEMBENTUKAN : Puluhan petani yang tergabung dalam kelompok tani Kabupaten Karimun, menghadiri rapat pembentukan Koperasi, Jumat (22/9) dilokasi lahan pertanian milik PT Pantai Impian Karimun, Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun. (mk/Hasian)

KARIMUN (Marwahkepri.com) – Setelah melakukan rapat dua kali, sebanyak 80 orang petani yang tergabung dalam Koperasi Tani “Petani Impian Karimun”, resmi terbentuk, Jumat (22/9) dilokasi lahan pertanian milik PT Pantai Impian Karimun, Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun.

Pembentukan Koperasi yang di ketuai oleh Robiyanto dan Sekretaris Edy S Purba serta yang beranggotakan puluhan petani Karimun itu, dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun.

Ketua Koperasi Tani “Petani Impian Karimun” yang juga pemilik PT Pantai Impian Karimun, Robiyanto didampingi Sekretaris Koperasi, Edy S Purba mengatakan bahwa Koperasi Tani itu akan mengelolah lahan seluas 104 hektare yg saat ini dikuasi oleh PT PIK.

Dikatakannya, nantinya wadah koperasi inilah yang akan menaungi para petani, mulai dari penyuluhan pertanian, pengembangan hasil pertanian hingga pendistribusian.

“Guna mendukung terciptanya petani profesional serta terdidik, perusahaan kami akan meminjam-pakaikan lahan yg saat ini kami kuasai, kepada Koperasi Tani ini, luas total lahan yang akan dijadikan area pertanian adalah, seluas 104 hektare”, jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Sekertaris Koperasi Petani Impian Karimun, Edy S Purba. Dikatakan, tujuan utama dari pembentukan koperasi tersebut adalah sebagai wadah penyatu serta tempat berbagi ilmu kepada para kelompok tani di bidang pertanian

“Koperasi Petani Impian Karimun ini terbentuk atas satunya visi dan misi para petani untuk menjadikan petani lebih sejahtera, terlatih serta terdidik, sehingga kedepan, para masyarakat yang tergabung dalam wadah ini dapat menjadi petani yg unggul serta menghasilkan produk pertanian yang berkelas.” paparnya.

Sementara itu, Kepala seksi pembinaan koperasi pada Dinas Perindustrian dan perdagangan, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Andi, yang hadir dalam rapat pembentukan koperasi, menyambut baik niat para petani yang berkeinginan mendirikan Koperasi.

“Pemkab Karimun melalui Bidang Koperasi, sangat menyambut baik niat para petani yang hadir dalam rapat sosialisasi ini, Kami berharap, para anggota serta pengurus koperasi dapat dengan bersungguh-sungguh dalam memajukan usaha pertanian di Karimun”, ujarnya.

Dilihat dari area yang akan di jadikan lahan pertanian, lanjutnya, sangat menjanjikan. Dengan itu, tentunya, pemerintah Daerah serta Kementerian, sangat mendukung segala jenis kegiatan yang berdampak baik bagi masyarakat.

Diharapkan, para anggota maupun calon anggota yang tergabung, dapat memahami apa arti koperasi yang sesungguhnya. Sehingga, Koperasi yang didirikan ini, dapat berkembang asal dikelola dengan management yang sehat, bersih dan transparan.

“Saya yakin, apabila koperasi ini dikelola dengan baik, maka hasilnya akan baik dan dapat berkembang, oleh itu, diharapkan agar managemennya harus sehat, bersih dan transparan”, pungkasnya. (mk/Hasian).

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.