Perdana, LAM Desa Panggak Laut di Kukuhkan

(doc)
(doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kecamatan Lingga, Dato H Encik Arsyad Hamid resmi melantik sejumlah kepengurusan LAM Desa Panggak Laut masa khidmat 2017-2022, di Alun-alun Desa Panggak Laut, Sabtu (23/09). Pelantikan ini merupakan pelantikan pertama LAM ditingkat desa.

Ketua LAM Kabupaten Lingga Dato’ Sri Amanah, Ir M Ishak mengatakan bahwa Desa Panggak Laut merupakan penoreh sejarah, kerena merupakan desa pertama yang membentuk dan melantik LAM. Namun harap dia LAM ini bukan hanya sekedar lambang, tetapi meminta kepada pengurus LAM untuk banyak belajar dan membaca.

“Saya bangga dan senang dengan kerje LAM hari ini. LAM tidak hanya sekedar penjaga dan pelestari adat tapi harus lebih dari itu. Jangan sampai ketika ditanya tentang adat budaya Melayu pengurus LAM sendiri tidak paham. Munculkan generasi penerus agar pengawal budaya tetap hadir menjaga zaman,” kata dia, Sabtu (23/09) malam.

Sebelum pelantikan melalui protokoler LAM Kabupaten Lingga, yang dikoordinir oleh Dato Kamarul Zaman diberi amanah untuk mempersiapkan seluruh prosesi acara pelantikan. Lebih kurang seminggu pihak LAM Kabupaten  berkoordinasi dengan Desa Panggak Laut. Hasilnya dapat dilihat dari pelantikan tadi malam..

“Mulai tatacara dan prosesi kita bahas agar tidak menyimpang dan melawan adat. Karena pelantikan ini merupakan pelantikan perdana. Nanti akan jadi rujukan untuk pelantikan LAM Desa lainnya,” ucap dia.

Ditempat yang sama Kades Panggak Laut, Ahmad merasa terharu dan bangga dengan prosesi pelantikan. Dia berharap LAM yang terbentuk ini dapat bekerja sesuai tupoksi dalam mengawal dan menjaga adat.

“Kami ingin LAM Desa Panggak Laut bekerja untuk mengawal dan menjaga adat. Kepada LAM Kabupaten Lingga kami minta petunjuk dan bimbingan,” terang Dato Ahmad.

Hal senada juga disampaikan Camat Lingga. Selain memberikan selamat kepada pengurus LAM Desa Panggak Laut sebagai pelantikan perdana ini, dia juga berharap LAM Desa Panggak dapat mengawal norma dan nilai-nilai di tengah masyarakat.

Adapun Struktur kepengurusan LAM Desa Panggak Laut ini di nakhodai oleh Dato’ Monziri yang terpilih melalui musyawarah LAM. Seluruh kepengurusan sudah resmi dan mulai bekerja mulai hari ini.

Dato’ Monziri, Ketua LAM Desa Panggak Laut yang dalam sambutannya mengatakan nilai dan budaya Melayu harus dipertahankan dan dilestarikan. Melayu harus jadi karakter dan tertanam di dalam sendi kehidupan bagi setiap insan di Bumi Bunda Tanah Melayu. Baik dari tingkat Kabupaten hingga ketanah desa-desa.

Hadir dalam giat LAM Desa Panggak Laut tersebut yakni Wabup Lingga, Kepala Desa Nerekeh, Musai, Merawang, Camat Lingga dan Camat Lingga Timur serta tamu undangan lainnya.

Pantauan, selesai prosesi pengukuhan dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata berupa buku tata cara adat perkawinan Melayu Lingga dan ditutup acara hiburan rakyat berupa penampilan Tari Inai, Zapin dan Joget Dangkong. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email