Lanud RSA – Basarnas Gelar Latihan Crash Team

IMG_20170923_134327
Latiham crash team Lanud RSA

Natuna (Marwahkepri.com) – Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Raden Sadjad bekerjasama dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) kabupaten Natuna, menggelar latihan crash team, di Lanud RSA, pada Jumat (22/09/2017).

Latihan crash team ini bertujuan untuk melakukan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD), bila terjadi kecelakaan yang dialami pesawat dalam suatu penerbangan.

Simulasi penanggulangan kecelakaan pesawat tersebut, diawali dengan penerbangan berkode PK-XXX Airborne, bertolak dari Bandara Raden Sadjad membawa 30 orang penumpang menuju kota Batam, pukul 15.50 WIB.

Setelah berhasil melakukan take off, sayangnya nasib naas menimpa pesawat tersebut. Pada jarak lebih kurang 20 Nautikal Mile (NM), terjadi kerusakan pada mesin pesawat sebelah kiri.

Sang pengemudi (Pilot’red) memutuskan putar balik dan melaksanakan pendaratan darurat di Lanud RSA. Sebelumnya, pilot telah malakukan komunikasi dengan pihak tower.

Mendapat informasi tersebut, pihak tower segera berkoordinasi dengan pihak Lanud dan unsur terkait. Hal ini dimaksudkan untuk mempersiapkan fasilitas pendukung Penanggulangan Keadaan Darurat.

Beberapa menit kemudian saat melaksanakan pendaratan, pesawat tergelincir di area runway 36. Gesekan badan pesawat dan aspal landasan menimbulkan percikan api, dan mengakibatkan terbakarnya mesin pesawat.

Tim melakukan pertolongan dengan sigap, berhasil memadamkan api dan menyelamatkan semua penumpang, 3 orang diantaranya mengalami luka ringan.(nang)

Print Friendly, PDF & Email