Mahasiswa STISIP BTM Target Rumah Pintar Pemilu KPU Lingga

Mahasiswa STISIP BTM mempelajari tatacara kepemiluan di Rumah Pintar KPU Kabupaten Lingga (doc)
Mahasiswa STISIP BTM mempelajari tatacara kepemiluan di Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Lingga (doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Sejumlah mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Bunda Tanah Melayu (STISIP-BTM) Daik Lingga, berkunjung ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lingga. Kunjungan tersebut yakni keinginan menggali ilmu tentang kepemiluan di Rumah Pintar Pemiu (RPP) milik KPU Kabupaten Lingga yang telah dioperasikan sejak April lalu.

Salah seorang mahasiswa, Dian mengaku cukup bangga diundang dan bisa berkunjung ke RPP milik KPU Kabupaten Lingga ini. Terlebih dirinya sebagai mahasiswa yang masih minim ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam menggunakan hak suara di pemilu.

Keberadaan RPP ini dinilainya cukup membantu pelajar bahkan masyarakat  d mengenal lebih jauh apa itu pemilu. Informasi tatacara yang jelas, pengetahuan dan sejarah pemilu yang dipajang sepanjang ruangan. Ditambah lagi penjelasan akurat yang dipaparkan narasumber serta simulasi tentang tata cara seorang pemilih menggunakan hak suaranya saat penyelenggaraan pemilu, tentu menjadi alat bantu pedalaman pengetahuan.

“sosialisasi melalui RPP ini bagus, apalagi sosialisasi ini dilaksanakan tidak hanya sekali. Teman-teman yang belum pernah mencoblos bisa tau cara mencoblos dan memilih dengan baik itu gimana,” ucap dia, Kamis (21/09)

Ditempat yang sama, Komisioner KPU Lingga Divisi Sosialisasi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Juliati mengatakan pihaknya sengaja mengundang para mahasiswa tersebut karena merupakan salah satu target RPP. Dengan harapan mahasiswa ini dapat menjadi corong atau sumber kepada teman atau masyarakat Lingga yang belum memahami.

“Harapan kami mahasiswa yang kami undang ini paling tidak bisalah nantinya mengajak teman dan saudaranya yang lain untuk menambah wawasan kepemiluan disini. Banyak hal yang bisa dilihat di RPP ini,” kata Juliati.

Lebih lanjut dia menjelaskan, fasilitas RPP pemilu KPU Lingga ini sudah beroperasi pada April 2017 lalu. Sejauh ini, keberadaannya sudah cukup lumayan direspon oleh masyarakat sekitar. Kehadiran RPP adalah bentuk pelayanan memberikan pengetahuan kepada masyarakat Lingga tentang tatacara memberikan hak suara, terutama bagi pemula.

“Kegiatan ini merupakan program KPU Pusat yang ditujukan sebagai wadah bagi calon pemilih dengan mengenal lebih dalam apa itu pemilu,” papar dia.

Sosialisasi RPP ini juga kata dia merupakan bagian sosialisasi pemilu kedepan pada 17 April 2019 mendatang, sekaligus mengenalkan sejarah pemilu yang ada di Kabupaten Lingga.

“Kami berharap partisipasi masyarakat ataupun di kalangan mahasiswa bisa meningkat dengan pemilu serentak yang akan datang,” harap dia. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.