Dikabarkan Akan Pergi Umroh, Tim Panas Minta Jonru Dicekal

Humas
Humas Pembela Muanas (Panas), Ir Edy Maryatama Lubis, SH.MM.MH. (mun)

ATAM (Marwahkepri.com) – Penulis sekaligus penggiat media sosial, Jonru Ginting yang diduga telah menyebarkan ujaran kebencian lewat media sosial dikabarkan akan pergi menunaikan ibadah umrah pada November mendatang. 

Humas Pembela Muanas (Panas) Ir Edy Maryatama Lubis, SH.MM.MH. saat dihubungi oleh awak media menyampaikan bahwa mereka berencana untuk mengajukan surat permohonan cegah ke luar negeri untuk terduga Jonru guna tidak terhambatnya proses pengusutan dugaan penyebaran kebencian yang dilakukannya.

“Rencananya permohonan cegah akan kita ajukan 19 September mendatang,”ujarnya.

Menurutnya, pencegahan itu sangat perlu dilakukan untuk memastikan pelaku benar–benar ada di Indonesia karena jika terduga Jonru berada diluar negeri akan menghambat proses pengusutannya.

Edy sangat berharap agar surat permohonan yang tim Panas ajukan dikabulkan oleh Polda Metro Jaya. Selain itu, mereka juga meminta agar polisi segera melakukan gelar perkara untuk kasus ini.

“Jika gelar perkara telah dilakukan, maka nasib laporan kami akan jelas,”ungkapnya.

Sebelumnya, Jonru Ginting dilaporkan oleh Muannas Al Aidid karena diduga menyebarkan kebencian di media sosial.

Ujaran kebencian yang ia unggah di akun facebooknya dari Maret hingga Agustus 2017 diduga banyak mengandung unsur kebencian serta penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo

Muannas Al Aidid beserta saksi pegiat media sosial Guntor Romli dan Slamet Abidin telah diperiksa penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (13/9) lalu. Muannas juga telah memberikan bukti-bukti postingan yang dianggap mengandung unsur SARA. Bukti tersebut sudah diberikan kepada penyidik dan tinggal dilakukan penyelidikan. (mk/mun)

Print Friendly, PDF & Email