Besok Calon Mahasiswa Unrika Mulai Mengadakan PKKMB

Yustinus Farid S,S.IP, MPA Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama
Yustinus Farid S,S.IP, MPA Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

BATAM (Marwahkepri.com) – Sekitar 800 calon mahasiswa Universitas Riau Kepulauan (Unrika) akan mengadakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di kampus Unrika Batuaji Sabtu,(16/9).

PKKBM sendiri bertujuan untuk memperkenalkan, mempersiapkan dan mengakselerasi mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang sadar akan hak dan kewajibannya, memuat antara lain tentang sistem pendidikan tinggi kegiatan akademik dan kemahasiswaan serta kebijakan kampus, serta materi bela negara, radikalisme, penyalahgunaan narkoba sehingga mendukung keberhasilan studinya diperguruan tinggi.

Terkait dengan kebiasaan calon mahasiswa yang enggan datang untuk mengikuti PKKMB, Yustinus Farid S,S.IP, MPA Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menghimbau agar para calon mahasiswa ikut serta dalam kegiatan PKKMB tersebut.

“Itu wajar, ikutin aja, jangan dijadikan beban, jadikan ini menjadi pengalaman yang mengesankan di Universitas,”ujarnya.

Menurutnya, PKKMB dengan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) sangat berbeda, karena PKKMB sendiri berfokus pada pengenalan kampus, sedang Ospek kadang melakukan hal – hal seperti militer, atribut yang aneh – aneh dan lain-lainnya.

Kegiatan yang akan dilakukan besok pagi dari jam 06.00 WIB tersebut juga akan melibatkan pimpinan fakultas, dosen kependidikan dan mahasiswa, dan rencananya PKKMB ini akan dilaksanakan sampai Rabu (20/9) mendatang.

“Sabtu sama Minggu mulai jam 06.00 sampai selesai, Senin sampai Rabu dari 17.30 sampai selesai,”tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum ,Ramlin Abu Semad sore tadi telah melakukan pembekalan bagi calon mahasiswa baru yang akan melakukan PKKMB di kampus Unrika. Bersama rekannya Ario Armada Tarigan, mereka berharap para peserta PKKMB besok datang tepat waktu agar tidak menghambat proses PKKMB yang telah dijadwalkan.

“Kegiatan ini hanya dilakukan setahun sekali, jadi diharapkan semuanya datang dan tidak terlambat,”tutupnya.(mk/mun).

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email