M Nizar Resmikan Desa Langkap Jadi Kampung KB

Foto Bersama di tugu Kampung KB (Doc)
Foto Bersama di tugu Kampung KB (Doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Bertempat di desa Langkap Kecamatan Singkep Barat,  Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPP-KB) Kabupaten Lingga melaksanakan kegiatan Kampung Keluarga Berencana (KB). Pelaksanaan tersebut sebagaimana tercantum dalam UUD 45 tahun 2009 tentang perkembangan penduduk dan pembangunan keluarga sebagai dasar pelaksanaan program KB, Kamis (14/09).

Kepala DKPP-KB Kabupaten Lingga Dr.H Mohammad Syamsu Rizal, mengatakan  tujuan terbentuknya Kampung KB secara umum untuk meningkatkan kualitas warga melalui program KB, dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Untuk itu perlu dan mampu bersenergi dengan program pendidikan, Kesehatan, Sosial, Pertanian, serta Kelautan dan perikanan, pekerjaan umum, Perindustrian perdagangan dan sektor lain,” ujar dia saat itu.

Sebagaimana diketahui, kata dia desa Langkap terdapat 168 pasangan usia subur (pus) dengan 91 peserta KB Aktif dan 77 bukan peserta KB Aktif.

“91 KB aktif tersebut merupakan peserta mengguna Kontrasepsi Modern yaitu menggunakan Pil dan Suntik, sedangkan untuk kontrasepsi jangka panjang dan kontrasepsi mantap (IUD/Spiral, Implant Mop, Mow) belum ada satupun pasangan usia subur (Pus) yang menggunakannya,” papar Kadis.

Sementara Wakil Bupati Lingga, M Nizar menyampaikan dengan adanya acara kampung KB harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Karena program KB tujuannya adalah untuk mensejahterakan warga, yang secara otomatis menekan ekonomi warga.

“Kita juga megikuti KB bukan hanya sekedar mencapai 2 anak,” ujar dia.

Dia juga meminta kepada Camat dan Kades Langkap supaya program ini dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. Jangan hanya membuat acara tetapi prakteknya tidak bergerak. Selain itu dana bantuan sebesar Rp 10 juta dari DKPP-KB Lingga dapat diserahkan kepada yang berhak menerimannya. Pihak desa juga diminta dari anggaran dana ADD tahun 2018 di utamakan untuk ekonomi masyarakat. Hal itu pula perlu dijalankan dengan sebaik-baiknya.

“Saya berharap pada desa yang berkaitan dengan ekonomi warga dapat di jalankan dengan sebaik-baiknya,” papar Nizar

Pantaun lapangan Kampung KB secara  langsung diresmikan M Nizar dengan memukul gong dan dilanjutkan dengan penanda tangan komitmen bersama pembangunan kampung KB yang terletak di Rt 02 Rw 04 Desa Langkap, sekaligus meninjau Tugu Kampung KB.  (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.