Wabup Buka Jambore Forum Anak Natuna

IMG_20170912_120346
Pengalungan tanda peserta oleh Wabup

Natuna (Marwahkepri.com) – Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti mengatakan anak sebagai penerus masa depan merupakan potensi sangat penting menjadi penggerak bangsa. Demikian dikatakannya dalam pembukaan Jambore Forum Anak Tingkat Kabupaten Natuna di gedung Sri Srindit, Ranai, Selasa (12/09/2017).

Orang nomor dua di kabupaten Natuna ini mengatakan, pemerintah berupaya mempersiapkan anak-anak menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan mengemban amanat dalam hal pemenuhan hak  dan partisipasi anak.

Pada saat ini, forum anak merupakan wadah partisipasi anak dalam pembangunan yang dapat menjembati kepentingan anak, Sekaligus bertujuan untuk membangun pengertian antara anak-anak, orang tua, orang dewasa, masyarakat dan pemerintah dalam upaya memenuhi hak anak.

Ngesti berharap kegiatan ini dapat menjadi media untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas anak dalam mengambil keputusan, pendorong terhadap anak agar termotivasi untuk berprestasi, dapat menanam nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Disamping itu kegiatan ini menjadi agenda rutin tahunan pemerintah daerah untuk memberikan ruang bagi anak-anak untuk berpatisipasi dalam pembangunan daerah.

Mantan wakil rakyat ini juga berpesan agar anak-anak dapat meningkatkan prestasi, memiliki cita-cita tinggi, menjauhi pengaruh negatif ketimuran, membatasi diri dari penggunaan jaringan internet  kurang bijak dan menjauhi narkoba.

Hal senada juga dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Natuna, Kartina Riawati. Dimana forum anak merupaka wadah partisipasi dalam berinteraksi yang akan menjadi KOP di kabupaten Natuna salah satunya untuk berinteraksi tingkat Nasional.

Dalam kegiatan sosialisasi jambore dikabupaten Natuna melibatkan 4 orang anak-anak sekolah menegah pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) berprestasi disetiap kecamatan di seluruh kabupaten Natuna dan instansi-instansi terkait.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung terwujudnya perlindungan dan penjaminan atas hak anak dan membangun kreatifitas dan perkembangan anak”, ujar Kartina.

Forum anak tahun 2017 mengusung tema Cinta Tanah Air melalui kebhinekaan dalam keberagaman budaya menuju persaudaraan dan kerukunan.

Hadir dalam acara tersebut Asisten lll Izwar Asfawi, Anggota DPRD Natuna Harken, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan Unsur Vertikal di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna.(mk/es)

Print Friendly, PDF & Email