2.200 Anggota Polisi Dikerahkan Untuk Amankan Candi Borobudur Jumat Mendatang

Candi Borobudur (net)
Candi Borobudur (net)

Semarang (Marwahkepri.com) – Menyusul rencana aksi solidaritas terhadap kaum muslim Rohingya di Obyek Wisata Candi Borobudur, Jumat (8/9) mendatang. Polda Jateng akan mengerahkan 2.200 anggota polisi untuk mengamankan kawasan Candi Borobudur.

“Selain itu ada tambahan 3 SSK dari TNI,” ujar Kapolda Jateng Irjen Condro Kironko, seperti dilansir beritasatu.com.

Lebih lanjut Condro mengatakan, pengamanan itu merupakan upaya menjaga salah satu keajaiban dunia tersebut. “Candi borobudur itu merupakan situs dunia, salah satu keajaiban dunia, candi yang terbesar di dunia, dan sehingga ditetapkan sebagai objek vital nasional. Ini yang harus kita jaga,” jelasnya.

Condro juga mengatakan, bahwa banyak warga yang terbantu dengan adanya Candi Borobudur ini dalam segi ekonomi. Sehingga Condro tidak menyetujui jika aksi itu tetap diselenggarakan di Candi Borobudur.

“Oleh karenanya sangat kontra produktif kalau empati kita untuk saudara kita muslim Rohingya dilaksanakan di situ. Kita sudah minta kepada seluruh Kapolres bersama Bupati dan Wali kota di 35 Kabupaten/Kota pada Jumat nanti untuk melaksanakan kegiatan di Masjid Agung tiap Kabupaten/Kota,” ujar Condro.

Hal tersebut dilakukan guna mengakomodir masyarakat yang hendak menyalurkan rasa empatinya terhadap kaum muslim Rohingya. Sehingga mereka tak perlu datang jauh-jauh ke Candi Borobudur untuk melakukan aksi. Nantinya, mereka akan difasilitasi oleh pengelola masjid setempat untuk melakukan doa bersama maupun penggalangan dana.

Asisten Operasional (Asops) Polri, Irjen Pol M Iriawan menambahkan, Polri mempersiapkan pasukan cadangan apabila dimungkinkan diminta oleh Polda Jateng.

“Ada 5 SSK dan sebelumnya kita juga sudah siap 3 SSK. Mudah-mudahan tidak ada perubahan, dan mudah-mudahan aman,” ucapnya. (mk***)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.