Nekat Menanam Ganja di Atap Rumah, Seorang Pemain Musik Diamankan Petugas

Ganja (net)
Ganja (net)

Jakarta (Marwahkepri.com) – Seorang pemain musik berinisial KL alias Kevin (26) nekat menanam pohon ganja yang tingginya kini kurang lebih 1 meter di atap rumahnya, di Jalan Kebagusan IV, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kepala Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Vivick Tjangkung mengatakan bahwa Polres Metro Jakarta Selatan pun kini telah mengamankan Kevin.

Vivick menjelaskan bahwa awalnya pelaku membeli satu paket ganja dari temannya yang masih buron seharga Rp 50.000. Kemudian, ia memilah biji-biji ganja untuk dijadikan bibit. Bibit ganja itu kemudian diberi pupuk yang dibeli seharga Rp 30.000, dan disirami air. Akhirnya muncullah empat batang ganja di dalam pot itu.

“Lalu, dia coba-coba menanam biji itu di pot plastik,” ujar Vivick, di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Senin (4/9).

Ia juga menambahkan, bahwa Kevin telah empat tahun merawat pohon ganja itu. Selain menanam pohon, pelaku yang pekerjaannya seorang pemain musik di salah satu kafe di Jakarta Selatan tersebut juga merupakan pengguna ganja.

“Ia menggunakan ganja ini juga, sejak tamat SMA. Menurut pengakuan, ia menaman untuk digunakan sendiri. Tapi kami tidak percaya begitu saja, akan kami dalami lagi,” terangnya.

Vivick menjelaskan, pelaku menanam pohon ganja itu di atas atap rumahnya agar tak diketahui orang lain.

“Dia tahu kalau ini dilarang. Pohon ini ditaruh di atap rumah, di antara rumah pelaku dan rumah lainnya, sehingga cukup sulit untuk ditemukan. Tersangka tak mau pohon ganja itu diketahui orang,” jelasnya.

Ia menyebutkan, tersangka terancam dijerat Pasal 111 Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, berisi barang siapa menanam, menyimpan, memelihara, menguasai, dan memiliki narkotika diancam hukuman pidana 12 tahun penjara. (mk/bs***)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.