Panti Asuhan “Qorrotu A’yun” Sekolahkan Anak Asuh Agar Memperoleh Hak dalam Hal Pendidikan

Panti Asuhan Qu
Panti Asuhan Qurrotu A’yun. (rah)

Batam (Marwahkepri.com) – Panti Asuhan “Qorrotu A’yun” yang terletak di perumahan Legenda Malaka blok C4 No. 7, Batam Centre ini didirikan oleh Mahyudi yang berasal dari Lombok, NTB dari tahun 2011 hingga sekarang

Pak Mahyudi yang juga berasal dari panti asuhan, dan pernah merasakan bagaimana rasanya menjadi anak yang diasuh oleh panti asuhan kemudian membangun sebuah panti asuhan juga guna membantu anak-anak yang kurang mampu seperti anak yatim, yatim piatu dan anak-anak yang terlantar. Panti ini juga dibantu oleh pengurus lain yang berjumlah enam orang dan berasal dari penjuru Batam.

Jumlah anak-anak di panti asuhan ini kini berjumlah 35 orang, dimulai dari yang paling kecil berusia 5 tahun yang paling besar berusia 16 tahun.

Ekam, salah satu pengurus panti menjelaskan bahwa untuk menerima anak asuh di panti asuhan tersebut tidak boleh sembarangan karena dapat menimbulkan ke-salahsangka-an, karena banyak orangtua yang mengantar anaknya ke panti dengan alasan orangtuanya sudah tidak ada lagi (meninggal-red) padahal orangtuanya masih hidup.

Ia juga mengatakan anak asuh yang tidak memiliki surat lengkap akan sangat sulit masuk ke sekolah negeri

“Sebagian besar anak asuh kami sekolah swasta karena mereka susah untuk masuk sekolah negeri dikarenakan tidak lengkapnya surat-surat mereka,” imbuhnya.

Untuk itu mereka berencana akan membangun sekolah sendiri di sekitaran Batu Besar, Nongsa sehingga anak asuh mereka tidak susah-susah lagi masuk sekolah.

“Lahannya sudah ada, tapi kita belum punya modal untuk membangunnya,”terangnya.

Kegiatan anak asuh di panti asuhan tersebut selain bersekolah yaitu setiap selesai sholat Ashar mengaji, dan kegiatan mengaji itu rutin setiap hari dilakukan.

Berikut adalah visi misi yayasan panti asuhan Qorrotu A’yun yang didirikan oleh pria 43 tahun tersebut.

Visi :

  • Membina generasi islam yang mandiri

Misi :

  1. Membantu pemerintah dalam upaya memberikan pelayanan sosial terhadap anak yang kurang mampu dan masyarakat pada umumnya.
  1. Meningkatkan pelayanan sosial bagi kalangan mustahd ‘aiin.
  1. Mencari potensi dari kalangan tidak mampu sebagai penerus bangsa, negara dan agama.
  1. Memberikan kesempatan kepada anak – anak yatim dan Dhu’Ain untuk memperoleh haknya sebagai warga negara indonesia dalam hal pendidikan.

 

(mk/rah)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.